20100621

Dunia-Politik.blogspot.com - Digest Number 2037

There is 1 message in this issue.
Topics in this digest:
1. Pendekatannya sebaiknya Extreme dan Mendasar
From: emailnyaselvi

Message
________________________________________________________________________
1. Pendekatannya sebaiknya Extreme dan Mendasar
Posted by: "emailnyaselvi" emailnyaselvi@yahoo.com emailnyaselvi
Date: Thu Jun 10, 2010 7:47 pm ((PDT))
Pendekatannya sebaiknya Extreme dan Mendasar






I.Seperti Tidak kenal lagi

Katanya musim kemarau tetapi hujannya jauh melebihi ketika musim hujan
Katanya dilakukan pemberantasan korupsi tetapi korupsinya malahan jauh lebih dahsyat dibandingkan ketika pemberantasannya dilakukan secara alamiah. Padahal fokus pelestarian lam sedang dilakukan begitu juga pemberantasan korupsinya.

Dulu anak anak bicara penuh sopan santun dan kelembutan sekarang seperti penyanyi Rap
Ibu dan para orang tua dulu jarang bicara tetapi banyak doa.
Sekarang sering terlontar anak durhaka dan tolol padahal anaknya bisa jadi baik.
Dulu anak berbakti sekarang anak disiksa sudah banyak dtemukan.

Dulu kewibawaan dan keluhuran sangat dijaga dan korupsi dijauhi
Sekarang anak buah harus upeti, masuk kerja dipungut naik pangkat harus setor
Korupsi menjadi biasa dan malahan koruptor dihormati karena rajin nyumbang.

Dulu orang bekerja melalui test dan diutamakan lulus test
Sekarang yang penting pendekatan dan memenuhi transaksi
Naik pangkat yang penting kalau dulu loyal dan berprestasi
Saat ini yang paling penting rajin nyetor dan ikut konspirasi.

Dulu petugas dan aparat hukum dipandang bebas korupsi sehingga hormat dan respek.
Sekarang sudah terbukti bagian dari pelestarian korupsi karenanya dihindari.
Dulu kalau datang ketemu pejabat mendapatkan solusi sekarang harus mengisi.

Dulu mendekatkan ke alam karena ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian
Saat ini karena takut bencana.

Dulu dalam kehidupan banyak ketenangan dan memunculkan harapan
Saat ini dalam kehidupan ruwet pikiran banyak ketakutan akan datangnya bencana.

Dulu melihat pemerintahan sangat menghormati, merasakan pelayanan dan perindungan
Saat ini kesannya malahan pemerintahan yang bikin persoalan dan rakyat harus mengerti.

Dulu kecenderungannya menikah dulu baru ngesex dan sex bagian proses ritual
Sekarang ngesek dulu baru kalu jadi menikah sehingga sex sudah lebih sebagai pleasure.
Dulu didalam bus dan kendaraan umum melakukan dzikir kalau sekarang malahan pencabulan.
Usulannya korban langsung nonjok dan nampar sambil teriak teriak, supaya pelaku kapok

Dulu Narkoba dan sex dijauhi dan pemakainya dianggap punya kelainan
Sekarang banyak digunakan dalam rangka memacu prestasi kerja.
Dulu alam ditanami dan digunduli sekarang setelah dirusak ditinggalkan.
Dulu minyak dan gas setelah dibor ada juga yang susah keluar sekarang keluar sendiri berlebihan bahkan sampai emas dan logam berat lainnya dari magma ikut keluar..

Jika dilihat banyak hal diatas maka ada soal yang mendasar, apakah itu?.


II. Belajar lagi Yuk.

Dalam mata uang dollar usa pecahan satu dollar ada kayakinan yang ditulis
In the God we trust.

Dalam banyak kehidupan kalaupun mereka memeluk agama tetapi keyakinan untuk hidup telah bergeser dengan mempercayakan kepada berhala termasuk uang jadi segalanya.

Dulu sampah membawa penyakit sekarang malahan membawa berkah
Dengan menjadi pupuk organic atau diolah kembali.
Apakah dengan metoda seperti ini sekarang perubahan harus dilakukan
Dimana akibat situasi yang berkembang maka tidak ada pilihan lain selain menjadi kesalahan dan pendosaan sebelumnya menjadi tantangan berbuat baik?.

Saat ini tidak saatnya lagi hanya mencaci yang dipersepsikan sebagai sampah masyarakat
Sudah terbuktikan juga ternyata sampah jika diolah dengan tepat guna bisa suburkan tanah dan menghasilkan energy sekaligus menyehatkan lingkungan.

Prinsip metoda pengolahan sampah harus menjadi prinsip dasar dari transformasi social
1. Sampah pasti diproduksi terus dan jika dibiarkan akan merusak lingkungan dan kehidupan. Oleh karenanya yang menjadi sampah berbahaya harus diproses tersendiri dan yang bisa langsung dimanfaatkan langsung diproses. Disisi lain proses pembuatan sampah harus dikendalikan artinya yang menjadi sampah hanya yang benar benar tidak bisa didaur ulang. Dalam kehidupan sudah pasti juga berbagai berbagai soal yang membuat berbagai masalah akan terus dating sehingga dengan gerakan pemuda supaya sehat hal ini harus dicegah dimana para pemuda harus sehat hanya disisi lainnya yang sudah sakit perlu disembuhkan. Dalam artian sakitnya bukan hanya fisik tetapi juga rohani dan batin, pikiran, jasmani , dan lingkungan serta ekonomi. Pada fase ini adalah yang paling penting bagaimana tumbuhnya kesadaran dan keyakinan bahwa semua hal yang buruk bisa dihentikan. Misalnya merokok dianggap tidak baik maka bersyukurlah jika sudah berhenti merokok lebih dari 5 tahun dan mencegah anak anak merokok. Jika dulunya selalu berpikiran dan punya persepsi buruk terhadap orang biasa sekarang lebih baik buat kegiatan bersama. Jika sebelumnya suka menggugurkan kandungan karena sex bebas sekarang lebih baik menikah saja dan memulai kehidupan baru. Jika dulunya serakah dan terpaksa korupsi sekarang menjadi lebih sehat. Jika sebelumnya kesulitan ekonomi shg terpaksa korupsi sekarang bisa lebih baik karena terus mencari jalan dan memohon berkat rahmat allah yang maha kuasa. Dst…kejahatan dan perkeliruan distop dengan proses dan dilakukan oleh diri sendiri serta mendorong lingkungan menjadi lebih sehat.
2. Dalam menangani sampah yang paling penting adalah melakukan klasifikasi jenis sampah sejak dari awal sehingga proses berikutnya bisa ebih terukur dan mendapatkan manfaat yang optimal. Dalam kehidupan ini karena soalnya sudah sangat Extreme maka penanganannya harus sangat spesifik dan dalam jangka panjang. Dalam kehidupan yang ada saat ini yang paling penting jangan menganggap siapapun sebagai sampah tetapi kita lebih baik menyadari bahwa kita sendiri bisa sebagai sampah masyarakat dan lebih baik mendorong proses daur ulang sampah shg berguna atau menjalankan proses sampah menjadi sangat berguna sebagai energy dan pupuk.., anggota masyarakat sangat mungkin untuk menjadi energy dan pupuk dalam keluarga dan lingkungannya yang penting didorong proses sehingga hal ini terjadi.
3. Dalam menangani sampah menjadi sesuatu yang berguna serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. dibaliknya nyata terkandung upaya bagaimana tidak menjadi sampah atau sesuatu yang tidak berguna serta membawa masalah. Dalam kosakata sebelumnya yaitu tidak berguna dan membawa masalah…, dalam proses ini sampah menjadi bahan baku …, ini kesadaran yang penting sehingga siapapun jangan mau menjadi sampah yang merusak dan tidak berguna tetapi siapapun harus menjadi bahan baku atau sesuatu yang bisa berproses memberikan manfaat. Terminilogie yang berikutnya sampah di Era sebelumnya hanya bisa ditimbum dan ini mengeluarkan dana yang besar serta lahan yang luas dan merusak lingkungan. Saat ini karena sampah menjadi bahan baku maka melakukan prosesnya dimana pun sehingga semakin hari tidak akan memakan lahan lagi serta tidak merusak lingkungan dan orang disekitarnya juga akan menghapuskan korupsi pada pengelolaan sampah. Artinya dalam kehidupan sehari hari siapapun diharapkan menjauhkan dirinya serta keluarga dan lingkungannya menjadi sesuatu yang tidak berguna atau malahan menimbulkan masalah. Kemudian melakukan sesuatu sehingga dirinya menjadi berguna untuk dirinya sendiri dan masyarakat sekelilingnya….apakah mereka akan mampu. Pasti mampu. Walaupun mereka tidak punya pendidikan dan dalam keadaan apapun sesungguhnya pasti mampu…sepanjang meyakini bahwa rahmat allah yang maha kuasa akan bekerja dalam kehidupannya dan berusaha sekuat mungkin. Insya allah kehidupannya akan menjadi lebih baik…yang penting bergerak terus dan berusaha sambil berdoa. Dengan logika ini juga maka tidak ada gunanya untuk selalu mendebat atau mengatakan orang lainnya sampah serta tidak berguna karena yang paling baik adalah menciptakan kegunaan dan kemamfaatan. Dalam kehidupan juga jika dilihat secara nyata maka ketika masyoritas manusia meninggal tubuhnya akan dimakamkan didalam tanah dan kembali terurai menjadi satu dengan alam semesta artinya proses ketiadaan ada sebuah proses paten dan bisa dibayangkan jika semua manusia dibuatkan pyramid atau disimpan dalam bentuk jasad utuh akan seperti apa tempat penyimpanannya dan berapa banyak masalah dan biaya serta akan menimbulkan dampak baru kemudiannya..ini pasti akan membuat masalah walaupun dalam prersektif industri akan menimbulkan industrie baru jika dirumah pola penanganannya yang selama ini dilakukan

III. Bagaimana Tawaran yang diberikan menjadi sangat sederhana :

1. in the God We trust adalah sebenarnya meyakini bahwa yang diajarkan allah swt atau tuhan yang maha kuasa adalah sangat menjamin kepastian kehidupan yang lebih baik. hal ini pula yang diyakini para pendiri republic Indonesia bahwa kemerdekaan ini pada dasarnya berkat rahmat allah yang maha kuasa. Dengan penyadaran ini maka kehidupan dimana supaya berkat rahmat allah yang maha kuasa supaya bekerja harus diciptakan di negeri Indonesia ini. Oleh karena nya tidak ada yang menjamin kehidupan bangsa Indonesia yang paling diyakini selain jaminan dari berkat rahmat allah yang maha kuasa. Hal ini harus menjadi dasar keyakinan seluruh pribadi dan bangsa serta terbuktikan dan semoga menjadi keyakinan umat manusia.
2. Dunia hari ini bagi mayoritas kebanyakan umat manusia uang adalah jaminan yang paling nyata serta aman. Ini juga tidak bisa disalahkan begitu saja mengingat hampir seluruh kegiatan dihargai dengan uang dan siapa saja sangat membutuhkan uangnya. Ketika uang ada, Kondisi ini ternyata tidak menjamin juga, Indonesia pada saat krisis keuangan dan merembet krisis multi dimensi mata uang Indonesia hancur dan hutang, beban bungan harga harga dll semuanya rontok menjadi tidak terjamin. Kejadian ini terulang kembali ketika pada tahun 2008 usa terserang krisis akibat lehmans brothers dan berbagai institusi keuangan rontok dan disebabkan oleh berbagai tindak penyelewengan dan penyalahgunaan kewenangan. Saat ini juga yunani dan eropa sedang bergoyang. Artinya kalaulah uang memang sangat penting tetapi bukan jaminan palingan utama. Belum lagi ternyata jika seseorang sakit walaupun ternyata punya uang penyakitnya tokh belum tentu sembuh sebaliknya terbukti pasien yang diobati seadaanya karena tidak punya uang malahan sembuh. Begitu juga seharusnya pada dunia pendidikan dan usaha serta penegakan hukum dan politik tidaklah tepat jika dengan uang maka segalanya akan menjadi tuntas. Bahayanya selain terbukti uang menjadi sebuah berhala nyata disisi lainnya kehidupan yang lebih cair dan penuh kreaifitas akan menghilang. Dan bahaya uang menjadi berhala akan membuat kehidupan dalam bernegara rahmat allah yang maha kuasanya menjadi tidak maksimal dalam artian luas walaupun untuk kehidupan pribadi, keluarga dan institusi bisa saja tetap ada dan nyata. Yang paling bahayanya adalah nilai nilai dan perilaku umat manusainya menjadi liar dan tidak menghasilkan kemaslahatan yang maksimal.
3. Hari ini semua orientasi pemikiran dan pemberitaan jika dilihat lebih dalam isinya adalah menyudutkan si a, b, c dll serta berbagai institusi dan instansi sebagai sampah serta saling tuding mencap sebagai sampah. Cap sabagai sampah dipersepsikan sebagai hal yang harus dihindari dan dijauhi padahal kenyataannya hal ini lebih kepada ketidaknyamanan atas situasi yang dialaminya serta tidak terbayangkan kondisi jika transformasi social yang dilakukannya berhasil atau tidak sehingga seakan akan masa depan itu tidak pasti dan gelap?. Kita sebaiknya berpikir kenapa kegelapan itu tidak diciptakan org lain yg jenius sehingga kita atau seluruh orang menjadi mengekor?. Kita harus mencoba melihat pesan yang sederhana disampaikan dari fenomena pahlawan kemanusiaan yang baru pulang dari perjalanannya untuk masuk ke Ghaza, apakah mereka itu semuanya pejuang kemanusiaan yang sudah lama berkiprah diberbagai medan perjuangan?..jawabannya sebagian bisa ya dan mungkin ada yang sudah memulainya sejak 10 tahun yng lalu bahkan lebih hanya sebagain lagi mungkin dibawah itu. Apakah kita mau mempertanyakan berbagai alasannya sehingga ia kesana baru setelahnya kita hargai atau diusulkan perjalanannya menjadi perjalanan perjuangan?...ini sungguh tidak perlu, kita saat ini layak memberikan penghargaan kepada mereka apapun latarbelakangnya atas keberanian mereka mempertaruhkan nyawanya untuk tujuan kemanusiaannya. Ini dulu yang paling penting. Dengan ini maka perjuangan membela kemanusiaan di ghaza atas usaha supaya Palestina merdeka akan semakin bergelora dan ini jangan dilupakan sebagai cita cita berdirinya bangsa Indonesia di pembukaan uud 45 dimana bangsa Indonesia anti imperialisme, kolonialisme dan ikut menjaga perdamaian dunia. Oleh karenanya harus yakin bahwa memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina/ sebuah bangsa yang ditindas dan dijajah adalah merupakan cita cita para pendiri republic Indonesia . Apakah para relawan yang pulang dari ghaza langsung dihargai sebagai pahlawan?...nanti dulu sebagai inspirator dan contoh mereka perlu dihargai tetapi untuk penghargaan yang lebih tinggi kita harus melihat dan mendorong supaya palestina sebagai sebuah Negara berdiri dan merdeka…ini perjuangan yang sebenarnya… sebelum ini maka jika hanya ada yang lebih memanfaatkannya dalam kerangka populeritas maka dalam dunia pergerakan seperti ini dimanakan karnaval atau sedang berdagang saja. Apakah semuanya harus pergi ke jalur ghaza?....tidak juga karena dalam perjuangan seperti ini setelah ada momentum kapal yang ditembaki dan jatuhnya korban…maka selain tekanan diplomatic formal dan terstruktur melalui PBB dan USA serta EROpa , rusia dan china sebagai sebuah Negara dan pemerintahan yg juga sudah pasti dilakukan pemerintah Indonesia , apakah melalui oki dan berbagai organisasi. Serta perlu kita monitor dan semangati maka langkah yang paling strategis adalah bagaimana penderitaan anak anak, ibu ibu dan para pemuda di jalur ghaza serta palestina itu…bisa muncul dalam bentuk disiarkan tv tv diseluruh dunia berulang ulang…., atau beredar di facebook terutama pada mahasiswa dan seluruh jaringannya yang berada diberbagai universitas diberbagai Negara. Sambil anak anak ini mengajak nonton bareng penderitaan ini, dan bertanya jika mereka mengalami ini seperti apa dll sampai diseluruh Negara dan stake holder yang berpengaruh akan berubah sikapnya……jika hal ini terjadi maka kemerdekaan palestina tinggal tunggu waktunya saja…..negara Negara yang ada harapkan mendukung kemerdekaan palestina padadasarnya juga punya kepentingan melakukan penindasan pada kepentingan tertentunya sehingga seluruh Negara tidak akan memberikan bantuannya sampai issue ini menjadi tekanan strategis bagi Negara Negara yang akhirnya mereka tidak punya pilihan lain selain membantu perjuangan bangsa Palestina…..disisi lainnya seluruh universitas penting diseluruh dunia atau terutama dinegara besar dunia juga perlu didorong untuk membantu dengan berbagai penelitian, seminar dan aksinya sehingga perjuangan ini selain dipahami strategis juga dalam kerangka membela kemanusiaan……semoga berhasil.., dan inilah pola pola yang dilakukan dimana agar muncul para hero dari zero to hero sehingga perjuangan akan membesar dan tercapainya tujuan perjuangan ini. Dalam konteks ini jangan lupa Israel hanya bisa berubah juga jika ada perubahan didalam bangsa Israel sendiri terutama dikalangan pemimpinnya dan seluruh penguasa yang tersebar diseluruh dunia selain di Israel tentunya.

Dan jangan salah pola seperti ini bisa dilakukan untuk memberdayakan bangsa Indonesia supaya semakin hari muncul pahlawan pahlwan dan inspirator inspirator baik tingkatan internasional, nasional dan local untuk mendorong bangsa Indonesia segera semakin maju kedepan.

Ini walaupun tentunya contohnya untuk kerangka memberdayakan palestina tetapi sungguh bisa untuk jadi pola juga untuk Indonesia . Maksudnya dalam mengelorakan gerakan…, susno 2g sudah jelas menjadi contoh baik tetapi sayang karena menanganinya serta bisa jadi pengelolaan issuenya terbalik sehingga malahan seakan akan aksi saling balas dendam dan usaha pemberantasan korupsinya jadi melempem dan malahan saling tuding…, kita belum menemukan umar bin khatab yang bisa menjadi garda paling depan menciptakan transformasi social sehingga berhasil.

IV. Mari keluar dari dari yang selama ini jadi kebiasaan.

Orang suka bilang jangan donk masa bekas pelaku kejahatan sekarang menjadi pemberantasnya…, padahal dimanapun perbaikan ini baru bisa tuntas jika ada yang bantu dari dalam. Dan mendorong munculnya para pemimpin yang berorientasi kepada perbaikan yang menyelamatkan masyarakatnya. Dan ini adalah strategis.

Paling tidak saat ini diindonesia mulai muncul anak anak muda atau generasi yang muda pada tingkatan nasional. Pada pengusaha ada chareul tanjung dan sandiaga uno paling tidak.., pada pimpinan partai besar ada anas urbaningrum paling tidak pada birokrasi ada anggito abimanyu paling tidak. Serta ada marti natalegawa lah yang sudah dikabinet.

Ini Cuma yang dikenal public lebih lumayan dibandingkan dengan yang lainnya, padahal sudah pasti jumlahnya semakin banyak dan soalnya sudah pasti aka nada alih generasi dari yang dibesarkan oleh zaman Orde baru kepada orang orang yang merasakan zaman orde baru tetapi tidak berada pada lingkaran dalam ketika itu dan mulai masuk kepada generasi yang melakukan reformasi melalui jalanan atau perjuangan lainnya. Sementara generasi yang melakukan perjuangan di tahun 45 dan 65 semakin habis karena usia dan factor kesehatannya.

Situasi ini perlahan tetapi pasti terjadi, begitu juga didaerah yang dizaman orde baru menjadi subordinate dan dizaman reformasi menjadi raja raja baru.

Kembali dengan tekanan extreme yang luar biasa keras dan gejolak yang terjadi akibat berbagai tantangan yang muncul maka sulit bagi pemerintahan dimanapun juga jika menginginkan kestabilan jika tidak mampu menciptakan perubahan yang membuat masyarakatnya dalam keadaan terus menerus punya harapan dan tersedia peluang untuk dapat mencapai cita cita dan tujuan hidupnya serta terhindar dari berbagai bencana yang berkembang.

Hanya kembali lagi bahwa kondisi situasi yang extreme ini maka pemborosan berbagai hal termasuk peluang, semangat, waktu, termasuk berbagai sumber sangat disayangkan. Kini saatnya mendayagunakan dan mensinergykan yang ada untuk membangun keunggulan dan kehidupan yang lebih baik.

Paparan perang peradaban Samuel huttingcon dan persepsi bahwa bahwa atlantis dan kejayaannya dimasa lalu kemudian menghilang ada baiknya menginspirasi bangsa Indonesia . Disatu sisi bangsa Indonesia menjadi penyelamat dunia dari konflik disisi lain mendorong peradaban baru yang unggul karena hal itu juga dimasa lalu pernah dicapai para leluhur di tanah ini.

Sekali lagi ada baiknya kita melihat lebih jauh tentang Ketuhanan dalam kehidupan kita dan alam semesta ini lebih jauh dan mendapatkan rahmat serta kekuatannya, disisi lainnya ada baiknya peradaban ini melihat lebih dalam soal uang yang sudah menjadi berhala dan melakukan evaluasi secara mendalam serta menatanya kembali. Dalam kerangka memperbaiki kehidupan ini ada baiknya cara memandang semua yang sedang didepan mata ini bukan hanya dengan kaca mata dan pikiran serta persepsi yang sudah berkembang saja tetapi selain semakin menggunakan nurani juga melihat lebih jauh dan luas lagi sehingga mendapatkan kemungkinan untuk melakukan sebuah strategy besar dalam melakukan transformasi social dalam kerangka mewujudkan cita cita kemanusiaan bangsa Indonesia . Oleh karenya ada baiknya pendekatan yang dilakukan adalah extreme dan mendasar.

Agus muldya natakusumah
Indosolution.
Messages in this topic (1)
Ahli yang menghantar menggunakan kata-kata kesat dan kasar atau menyerang peribadi ahli yang lain, email mereka tidak akan disiarkan.
Ahli group yang sentiasa menghantar email berkenaan politik sahaja akan disiarkan emailnya tanpa penapisan moderator group.
Email yang disiarkan dipertanggungjawabkan kepada pengirim email tersebut dimana moderator dan group tidak boleh dipertanggungjawabkan.
=============================================
Link List:
• Lirik Lagu Popular - http://www.lirikpopular.com
• Spa Q - http://spa-q.blogspot.com
• Auto Insurance - http://pdautoinsurance.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/
<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
dunia-politik-normal@yahoogroups.com
dunia-politik-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dunia-politik-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

------------------------------------------------------------------------

No comments:

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com