20100802

Dunia-Politik.blogspot.com - Digest Number 2044

There is 1 message in this issue.
Topics in this digest:
1. Elpiji tidak meledak lagi seperti Bom
From: emailnyaselvi


Message
________________________________________________________________________
1. Elpiji tidak meledak lagi seperti Bom
Posted by: "emailnyaselvi" emailnyaselvi@yahoo.com emailnyaselvi
Date: Thu Jul 15, 2010 2:14 am ((PDT))
ELpiji tidak meledak lagi seperti Bom
I. Elpiji tidak terdeteksi.
Insiden ledakan gas dari tabung 3 kg terjadi lagi di saat pemerintah sedang mencari solusi menuntaskan "teror di dapur" ini. Peristiwa terbaru terjadi di perumahan penduduk RT 13/RW 3, Kelurahan Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.
Menurut Kanit Reskrim Polsek Cengkareng Iptu Ratna, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Selasa (13/7/2010).
"Saat itu korban hendak menyalakan kompor gas, tiba-tiba tercium bau gas. Diduga lubang tabung gas kendor dan mengalami kerusakan. Tiba-tiba saja langsung meledak," kata Ratna.
Elpiji meledak di Indonesia sedemikian banyak? Apakah dinegara lain sebanyak ini dan kalau tidak kenapa diindonesia bisa terjadi peledakan elpiji dimana mana? Mulai meledak pada tahun 2008 setelah beberapa tahun dilakukan sebanyak 50 kasus, tahun 2009 meledak 78 kasus dan tahun 2010 jauh lebih banyak, apakah ini soal mekanisme perawatan dan keausan barang yang seharusnya diganti tidak dilakukan secara berkala serta proses memperlakukannya.
Elpiji sesungguhnya barang yang aman dan sudah biasa digunakan lalu kenapa di Indonesia banyak meledak?
Mulai banyak yang mengatakan semua kejadian ini akibat motive ekonomi dimana untuk mendapatkan untung yang besar maka berbagai macam di elpiji itu dipalsukan regulator dan selangnya sehingga elpiji menjadi berbahaya?
Sementara yang lainnya mengatakan bahwa soal meledaknya elpiji ini adalah soal kurangnya pemeliharaan kualitas dan control terhadap keamanan tabung elpiji..apalagi soal safety dan healty diindonesia ini kurang diperhatikan bahkan cederung ceroboh sehingga akhirnya terjadi berbagai peledakan.
Yang lainnya mangatakan bahwa soal utamanya adalah salah masyarakat sendiri karena akibat ketidakpahamannya lah tabung elpiji itu sehingga pada meledak. Dan itu bisa salah pasang, lupa mematikan gasnya ketika selesai memasak dll, intinya kesalahan penggunanya?.
Dan yang mulai muncul sekarang ini meledak elpiji itu akibat sabotase?..alasannya elpiji yang masuk ke dalam rumah sangat sulit sekali dicheck diposisi sebelah mana ia dijadikan bombnya. Apakah ketika setelah diisi gasnya?...apakah ketika di jalan dari pengisian kea gen.., dari agen ke tempat penjualan, pengatar ke rumah..atau sebaliknya justru dirusak ketika dalam keadaan kosong dan kembali ke pengisian..soalnya kalau mensabotase yang berisi menakutkan juga bisa meledak ditangan?.
Yang pasti dengan sistim pendistribusian dan pengelolaan elpiji seperti sekarang ini sulit sekali medeteksi letak dimana kemungkinan kemungkinan itu bisa terjadi.
Tidak ada catatan nomor pada elpijinya yang dimaskan kedalam rumah?..begitu juga tidak diketahui juga setiap tabung elpiji ityu sudah kemana saja dan dibawa oleh siapa saja?. Kalaupun seharusnya ada identitas setiap elpiji dan yang ketempatan termasuk yang membawanya tetapi kelihatannya untuk saat ini semuanya kosong alias jika elpiji ini bomb maka bisa masuk dan meledak dimana saja?
II. Apakah ini terror?.
Apakah ini sebuah teror , kalaupun ini hanya kecelakaan tetapi jangan lagi dianggap hanya sebagai sebuah sebuah hal yang biasa saja? Tetapi harus lebih dilihat sebagai hal yang harus diteliti lebih jauh dan diantisipasi?
Jika dibiarkan saja maka akan dipersepsikan sebagai sebuah kejadian yang disengaja.
Kelihatannya pebiaran dan tidak ditindaklanjutinya kejadian kejadian ini sungguh tidak baik dan bisa menimbulkan persepsi berbagai macam hal. Hanya jika melihat prosedur dan pengawasan yang kendor dan longgar maka banyak hal bisa terjadi.
Jika tujuannya hanya membuat instabilitas maka kenapa tidak mungkin bahwa meledaknya elpiji itu bagian dari terror?
Motive ekonominya semakin banyak impor minyak tanah maka semakin menguntungkan pengimport minyak?...menghaburkan subsidi artinya membagi rejeki?
Disisi lainnya dengan meledaknya elpiji maka kepercayaan dan perasaan aman menjadi menurun dan ini juga bisa menjadi peluang bagi yang menciptakannya.
Sayangnya masyarakat biasa yang menjadi korban., apakah akan dibiarkan?.
III. Bagaimana tanggung jawab Pemerintah.
Dengan meledaknya elpiji yang nyata nyata sebagai program pemerintah itu, apakah tanggung jawab pemerintahannya?. Apakah ada biaya penggantian kerusakan rumah dan perabotan yang rusak?...berapa besarnya?...apakah jika ada yang terluka dan perlu dibawa kerumah sakit juga akan dibiayai rumah sakit dan obatnya?..berapa besar dan apakah sampai sembuh?..lalu jika mereka cacat dan tidak bisa bekerja lagi apa tanggung jawab pemerintahnya?
Berapa santunan untuk yang meninggal dunia ?,..
Jangan hanya diam dan Cuma minta pengertian serta minta maaf sama masyarakat tanpa tanggung jawab yang nyata.
Apakah ada pedagang elpiji yang diperiksa?.., apakah ada standarisasi terhadap pengangkutan elpiji?...dan bagaimana uji kualitas sejak elpiji dirakit , dipasang karetnya.., diisi gasnya…dan diceck keamananya?
Berita TV dan Koran hanya memberitakan meledaknya saja sudah membuat kesadaran akan bahayanya elpiji yang tidak dijaga kualitas dan dijaga keamanannya. Memang makin banyak berita membuat kita bersyukur karena kewaspadaan ditumbuhkan.
semakin banyak ledakan elpiji diberitakan dan itu menimbulkan kewaspadaan hanya apakah hanya seperti ini saja?.
Sekali lagi pemerintah mulai dari Dep ESDM sampai ke bumn pertaminanya segera bergerak?...begitu juga kepolisian dan instansi lainnya yang bisa melakukanpencegahan sehingga meledaknya ini segera bisa diatasi atau minimum segera berkurang yang meledaknya.
IV. Apa perbaikanya?
Kita belum mendengar dan penjelasan sebab meledaknya elpiji ini secara terbuka dan membangunkan kesadaran serta kehati hatian dimasyarakat?
Apakah yang perlu dicheck masyarakat ketika membeli elpiji?
Bagaimana jika memasangnya supaya aman?
Apakah meledak itu karena ada bocor , dimana bocornya?..apakah pada katup atau selang? Atau dimana? Hal ini juga harus termasuk bagaimana mengontrol isi gasnya dan bagaimana memastikan elpiji yang dimasukan kedalam rumahnya itu aman?
Apakah yang dilakukan oleh penjual gas elpiji ditingkat masyarakat supaya elpijinya aman?... apakah perlu ada selebaran, poster dan buku pengenalan proses penggunaan dan penggantian selang, regulator dan mengindikasi terjadi kebocoran serta pencegahan meledaknya elpiji.
Seorang sahabat mengatakan bahwa pengalihan dari minyak tanah ke gas adalah sangat baik hanya saja ketika proses pengalihannya (terlihat banyak uang Rp.40 trilun setahun yang bisa dihemat) banyak yang mmanfaatkan dengan melakukan pengadaan tabung gas yang diadakan berasarkan mencari untung yang tidak sewajarnya sehingga kualitas tabung gasnya banyak yang diragukan. Tidak disertifikasi dan dikontrol kualitasnya. Disisi lainnya perbedaan harga gas elpiji tabung 3kg dan 12 kg membuat terindikasi gas dari elpiji 3 kg disedot dan dipindahkan ke tabung 12 kg sehingga sampai ada tempat penyuntikan yang berhasil digrebed dan ternyata punya omset dan keuntungan miliaran rupiah. Dalam kasus ini peranan kepolisian dalam menegakan hukum strategis.
Dengan realitas ini maka salah satu jalannya adalah seluruh tabung gas dilakukan sertifikasi kembali jika sudah dan bagi yang belum serta akan masuk pasaran agar dilakukan sertifikasi. Setelah itu ditertibkan dan dikontrol proses pendistribusiannya termasuk jika ada yang melakukan pelanggaran bisa dicabut izinnya dan dikenai hukuman jika membahayakan masyarakat.
Melakukan sosialisasi yang sistemik dan terintegrasi juga sangat diperlukan. Dan dibagi bagi mulai dari tingkatan agen, usaha angkutan elpiji, dan penjual elpiji diperumahan serta anggota pengguna elpiji. Dan sosialisasi yang dilakukan jangan lagi hanya normative tetapi harus dengan sosialisasi yang menggunakan jaringan masyarakat, tokoh masyarakat,organisasi karang taruna dan pkk serta sosialisasi berbasiskan evaluasi kondisi yang terjadi dilapangan.
V. Penutup
Tujuannya sangat sederhana bagaimana memperlakukan elpiji secara benar supaya tidak meledak dan tepat penggunaannya serta masyarakat hanya akan menggunakan elpiji yang sudah disertifikasi serta terjamin keamanannya..
Semoga segera tidak ada elpiji yang meledak lagi jika proses ini dijalankan.
Walaupun dalam pelaksanaannya diperlukan pemetaan dan investigasi dan sosialisasi yang sistemik spy semuanya menjadi lebih baik.
saat ini mulai terdengar satire bahwa elpiji 3kg meledak dalam rangka mengurangi jumlah rakyat miskin, maklum elpiji 3kg memang banyak dibeli dan dipergunakan kalangan ekonomi menengah bawah tersebut, apalagi jika benar bahwa ada 40 juta tabung dan regulator serta selang yang pengawasan sertifikasi banyak luput.
Ibu ibu mulai mengatakan bahwa elpiji itu seperti buah simalakama . ibu masuk dapur memasak takut meledak elpiji malahan banyak yang sudah kena ledakan sehingga celaka dan meninggal. Suami menjadi duda. Sebaliknya jika ibu tidak memasak karena ketakutan maka bapak bisa melantur dan keluyuran sehingga bisa repot juga rumah tangga...., ini harus dihentikan.
Langkah strategis penghentian ketakutan dan penghentian ledakan adalah penggantian tabung elpiji pada saat pengisian gas elpiji di pertamina.
Kasus meledaknya tabung elpiji ini tidak boleh mengganggu strategy energy nasional penggunaan gas, listrik dan energy lainnya termasuk panas bumi, angin,batu bara, matahari dan bahkan nuklir pada saatnya.
Semoga bermanfaat.
Salam.
Agus muldya natakusumah
Indosolution.
Messages in this topic (1)
Ahli yang menghantar menggunakan kata-kata kesat dan kasar atau menyerang peribadi ahli yang lain, email mereka tidak akan disiarkan.
Ahli group yang sentiasa menghantar email berkenaan politik sahaja akan disiarkan emailnya tanpa penapisan moderator group.
Email yang disiarkan dipertanggungjawabkan kepada pengirim email tersebut dimana moderator dan group tidak boleh dipertanggungjawabkan.
=============================================
Link List:
• Lirik Lagu Popular - http://www.lirikpopular.com
• Spa Q - http://spa-q.blogspot.com
• Auto Insurance - http://pdautoinsurance.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/
<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
dunia-politik-normal@yahoogroups.com
dunia-politik-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dunia-politik-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

------------------------------------------------------------------------

No comments:

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com