20100524

Dunia-Politik.blogspot.com - Digest Number 2031

There is 1 message in this issue.

Topics in this digest:

1. Anas calon kuat di 2014.
From: emailnyaselvi


Message
________________________________________________________________________
1. Anas calon kuat di 2014.
Posted by: "emailnyaselvi" emailnyaselvi@yahoo.com emailnyaselvi
Date: Sun May 23, 2010 8:01 pm ((PDT))


Anas calon kuat di 2014.

I.Operasi udara saat salah sasaran

Nachrowi : 'Kami Tetap Yakin AM Jadi PD-1'
Advertorial - detikNews

Bandung - Hentakan palu yang diketuk tiga kali itu pertanda sidang paripurna Kongres II Partai Demokrat, resmi ditutup. EE Mangindaan, pimpinan sidang malam tadi, yang mengetukkan palu itu dengan kencang. "Sidang malam ini dinyatakan diskors, dilanjutkan lagi besok pagi pukul 09.00," kata Mangindaan, di arena Kongres, Hotel Mason Pine, Bandung , Jawa Barat.

Berakhirnya sidang itu, sedikit merubah alur suasana kongres. Pasalnya, sejak sore hari, sejumlah kubu bakal yakin pemilihan ketua umum bakal bisa dilangsungkan malam itu juga. Upaya untuk mengegolkan itu bisa dibilang lumayan ngotot. Niatan untuk menggelar pemilihan malam itu, akhirnya gagal total. Walau dalam voting sebelumnya, pemilih Opsi B, lebih mendominasi. "Siapa bilang kami kalah," tandas Nachrowi Ramli, ketua tim sukses AM di Bandung malam tadi (22/05).

Memang, setelah voting sore tadi, seolah-olah opini sengaja digalang untuk mengatakan Andi Mallarangeng (AM) sudah habis. Opini itu terbentuk seketika tatkala Opsi A, yang menginginkan agar kongres berjalan sesuai dengan tata tertib yang disusun oleh panitia, kemudian dikalahkan oleh opsi B yang ingin pemilihan umum digelar lebih dulu. Opini itu terus digembar-gemborkan seolah menangnya opsi B tadi, merupakan kekalaghan buat tim AM. "itu tidak benar sama sekali, AM tetap didukung oleh mayoritas DPC menjadi ketua umum," tandas Nachrowi. "Buktinya usaha pemilihan malam ini, kan tidak bisa terlaksana juga, toh akhirnya pemilihan bakal dilangsungkan besok juga," sambung Nachrowi lagi. Pemilihan yang bakal dilangsungkan Minggu (23/05) besok, berarti tetap saja sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sebelumnya. "Tak ada yang berbeda," tambah Nachrowi.

Panangian Simanungkalit, koordinator infokom tim pemenangan AM, juga menegaskan serupa. "Belum tentu hasil voting itu menggambarkan pemilihan ketua umum akan seperti itu," tukasnya. Yang jelas, tambah Panangian lagi, kekuatan sejumlah pihak luar sangat dirasakan sekali dalam kongres ini. "Terutama untuk menjegal AM, makanya diharapkan kepada seluruh kader PD untuk kembali ke akal sehat, jangan sampai PD ini dikuasai kekuatan luar kongres," tegasnya. (irw) (adv/adv)

Pendukung AM Haqqul Yakin AM Pasti Jadi Ketum
Advertorial - detikNews

Bandung - Jalanan menuju masuk ke perumahan "Kota Baru Parahyangan" itu berubah sejak kemaren. Biasanya, menuju perumahan elit itu, jalanannya lancar tanpa hambatan. Tapi, sejak kemaren, ratusan mobil berjajar memenuhi pinggir jalan. Tepat di depan Hotel Mason Pine, Padalarang itu, suasana macet tak bisa dihindari. Bukan apa-apa, lahan parkir hotel tempat berlangsungnya Kongres II Partai Demokrat itu, tak sanggup menampung membludaknya kader partai itu, yang datang kesana.

Memang, bukan hanya kader Demokrat saja yang berpesta. Penduduk dari Bandung dan sekitarnya juga sibuk menggelar dagangan, buat dijajakan. Macam-macam yang dijual. Bahkan tukang pijat refleksi juga membanjiri pinggiran jalanan itu. Bak seperti pasar dadakan saja. Pesta demokrasi kaum demokrat ini, juga membuat berkah tak terkira bagi masyarakat disana.

Ratusan orang juga berjejer memenuhi jalanan itu juga. Bagi mereka yang tak bisa masuk ke area kongres, banyak yang duduk santai di pinggir jalan, dengan seragam biru-biru pula. Tapi, kebanyakan adalah fans berat buat AM. Para pendukung AM yang banyak berseliweran di sekitar area kongres itu. Lengkap dengan baju seragam, dengan lambang yang bertuliskan "AM for PD-1,". Mereka, juga kebanyakan berkumpul di "Kampoeng AM" yang memang wadah menampung para pendukung AM. Tapi, masyarakat umum dan pendukung kandidat lain, juga tak jarang terlihat ikut menikmati hiburan, santapan, pijatan gratis yang diberikan tim sukses AM ini.

Forum Harmoni Nusantara (Forsas) termasuk salah satu tim pendukung AM yang banyak mengerahkan pasukannya. "Kami sampai saat ini tetap yakin AM bakal memenangkan PD-1," tegas Survenof Sirait, ketua umum Forsas. Hal senada juga diuraikan Zainal Arifin Boediono, koordinator Kaum Muda Indonesia untuk Demokrasi (KMID). Organisasi yang diisi oleh aktivis muda ini, sepenuhnya mendukung AM. Bahkan, anak-anak muda ini tak sekadar mendukungbegitu saja. Sehari lalu, mereka menggelar aksi simpatik di Bandung . Puluhan gadis jelita dan pemuda rupawan, membagi-bagikan bunga tanda dukungan buat AM, di jalanan sekitar Bandung Indah Plaza dan Jalan Merdeka, Bandung . Dengan berbaju bertuliskan "I Love Indonesia ," para aktivis muda itu menggelar aksinya di Bandung sana . "AM itu tokoh muda yang bisa membuat Demokrat berjaya dalam Pemilu 2014 lalu, dia sangat pantas jadi ketua umum Demokrat," tegas Zaenal lagi.

Dari arena kongres, puluhan DPC masih tetap ingin AM yang jadi PD-1. "Kami tetap yakin AM akan memimpin PD kedepan, karena hanya dia yang layak," tukas Haryono Abdul Bari, ketua DPC Sampang, Madura, Jawa Timur. Hal senada diuraikan Tengku Hashimi Puteh, Ketua DPC Kabupaten Aceh Jaya. Jari Kurniato, ketua DPC Pati , Jawa Tengah, tetap bakal terus memperjuangkan AM agar menang dalam pemilihan nanti. "Karena cuma dia yang pantas membawa perahu Demokrat ini kedepan," katanya. (irw)
(adv/adv)

Jika membaca berita ini seakan akan akan menang mutlak, apalagi jika melihat iklan dijalanan dan dimedia lainnya seakan akan semuanya sudah milik andi mallaranggeng.

Hasilnya ternyata diputaran pertama saja sudah kalah dari anas dan marzuki dan langsung menjadi panonton. Tanda tanda ini terlihat ketika ketiga kandidat dipanggil ketua dewan Pembina partai democrat bersama ketua umum periode 2005 s/d 2010., posisi andi mallaranggeng berada pada posisi paling jauh dari ketua dewan Pembina partai democrat.

Dibaliik ini semua, bagi para aktifist kekalahan ini tidak aneh karena yg dilakukan tim kampanye andi mallaranggeng adalah kampanye sebagai calon presiden pada 2014 dengan menggunakan momentum kampanye pemilihan ketua umum partai Demokrat.

Kampanye yg mengandalkan operasi udara / iklan adalah operasi yg ditujukan kepada pemilih yang berada pada ruang terbuka dan secara networking tidak mungkin bisa di capai dan digalang. Contohnya pemilihan pemilu kada dan pilpres serta anggota legistative. Pemilihan ketua umum partai Demokrat tidak terlalu jauh dengan pemilihan ketua umum HMI. KAMMI,KAHMI. Himpmi, kadin dll. Artinya yg paling penting adalah bersilaturahmi, berbagi dan bersinergy. Oleh karenanya hampir pasti kalah jika tidak menggunakan cara berbagi dan bersinergy kepada pihak yang tepat dan sangat ditentukan oleh jumlah suara, pemilik suara. Serta pemetaan awalnya dan menindaklanjutinya.


II. Bagaimana SBY, kok membiarkan Ibas seperti membiarkan Aulia Pohan.



Terlalu Eksploitasi Ibas & Terkesan Jumawa, AM Kurang Disukai DPC PD
Ayu Fitriana - detikNews

Jakarta - Di atas kertas, modal Andi Mallarangeng terlihat kuat. Dia gencar beriklan dan mendapat dukungan eksplisit dari Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Namun tetap saja dia kalah dalam bursa ketum PD.

Kekalahan itu diduga karena Andi terkesan terlalu mengeksploitasi dukungan dari Cikeas, dalam hal ini Ibas. Hal ini membuat Dewan Perwakilan Cabang (DPC) maupun Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kurang menyukai AM.

"Dengan caranya yang seperti itu, DPC-DPC merasa nantinya AM hanya akan loyal pada SBY. Nanti tidak memperhatikan kepentingan DPC," analisis Direktur Eksekutif Reform Institute, Yudi Latief, pada detikcom, Minggu (23/5/2010).

Yudi juga berpendapat, cara kampanye yang dilakukan oleh AM terlalu berlebihan.

"Saya kira dia blunder karena model kampanyenya yang sangat high profile itu kontraproduktif di kalangan DPC-DPC, jadi terkesan jumawa," kata dia.

Faktor lain yang dianggap menjadi penyebab kekalahan AM adalah terlambatnya AM mengajukan diri sebagai calon ketua umum.

"Kalau Anas dan Marzuki kan sudah lama," kata dia.

Yudi menilai SBY sudah melakukan tindakan yang tepat dengan tidak memberikan dukungan secara terang-terangan, meskipun ia terlihat cenderung mendukung AM.

"Karena SBY sendiri kan tidak boleh memperlihatkan arah dukungannya," tutupnya. (nrl/nrl)

Sederhana kelihatanya , gara gara over memanfaatkan maka terjadi arus balik dan langsung dikalahkan padahal menurut analisa kalaupun ia tetapi yg paling menentukan adalah seperti yg disampaikan pada tulisan bagian awal.

Bagi SBY dalam konteks idealis kekalahan ibas sungguh sebuah pengalaman sangat berharga bagi ibasnya. Dan SBY mengatakan ia juga pernah dikalahkan pada pemilihan sebagai wakil presiden sehingga yang akhirnya jadi adalah Hamzah Haz jetika itu, ini disampaikan pada pidato dewan Pembina tadi pagi sebelum pemilihan. Dan sangat mungkin nasehat ini untuk ibas selain pihak lainnya yang dikalahkan pada pemilihan ini.

Bagi ibas kekalahan jagoannya termasuk dirinya membuktikan bahwa memenangkan idea dan pilihannya sangatlah tidak sederhana serta membuktikan juga bahwa partai bisa diluar kendali dan kontrolnya.

Dalam soal kendali ini maka Anas menang memang ia yang kuat secara jaringan aktifist, politisi , serta akademis seperti achmad mubarok serta jawa yahya sacamanggala terutama pengalamannya. Dan terbukti juga Ternyata jaringan HMI dan pengalaman berpolitik alumninya pada kongres kongres semasa muda telah menjadi pengalaman yang berharga sehingga berhasil memenangkan ketua Demokrat.

Pengalaman Andy dan Marzuki alie sebagai aktifist memang jauh dibandingkan Anas yang sudah malang melintang didunia persilatan aktifist dan aktifisme.

Oleh karenanya kekalahan Andy malarangeng bukan hanya karena terlalu over memanfaatkan ibas tetapi memang dari segi jam terbang sebagai aktifis memang kalah pengalaman dan kelas dari anas dan jika tajam melihatnya andy tidak akan seterkenal sekarang jika tidak berada didekat SBY. Berbeda dengan Anas yg memang merintisnya berjaringan sejak lama.

Terbukti rame dimedia masa tidak berhasil karena tidak tepat sasaran, begitu anak presiden dan ketua dewan Pembina juga tidak menjamin kemenangan.

Dan apakah disini juga diperlihatkan SBY, bahwa masa depan partai Demokrat memang ada pada anas urbaningrung karena kedua calonlainnya palingan hanya menang menjadi ketum tetapi hampir pasti kalah menjadi RI 1 di 2014.
III. Partai Demokrat sudah punya calon untuk 2014

Bisa jadi kemenangan Anas adalah , Kemenangan Politik Gagasan
Advertorial - detikNews

Bandung - 23 Mei 2010 – "Great ideas often receive violent opposition from mediocre minds" demikian dikatakan salah satu ilmuwan paling terkemuka abad 20, Albert Einstein. Kutipan tersebut merefleksikan bahwa perjuangan mewujudkan sebuah gagasan besar bukan pekerjaan yang mudah. Ia kerap terhalang oleh pemikiran-pemikiran sempit yang mencacinya.

Perjuangan mewujudkan sebuah gagasan membutuhkan militansi intelektual, yang penuh kesabaran, ketekunan, dan kekayaan dialetika berpikir. Bukan sebuah payung cantik yang berusaha melindungi wajah berkosmetik tebal dari panas dan hujan.

Hari ini di Bandung , perjuangan mewujudkan gagasan itu dilakukan. Ikhtiar politik gagasan itu direalisasikan lewat sosok Anas Urbaningrum. Yang tidak berdiri di depan cermin kepalsuan. Yang memimpin dengan hati.

Ini menjadi sebuah titik tolak untuk mewujudkan demokrasi yang modern dan produktif. Yang tidak hanya terpaku pada sebuah konsep namun tercermin hingga tataran praktis dan meritokrasi. Yang tidak hanya dikerjakan oleh kader-kader berpengalaman di Partai Demokrat. Namun juga oleh dinamika generasi baru Indonesia .

Hari ini di Bandung , kemenangan politik gagasan itu terjadi. Kemenangan yang bisa dirasakan, dinikmati dan dirayakan oleh rakyat. Oleh mereka yang hendak bergerak dan bekerja bersama Partai Demokrat.

Bergerak dan bekerja yang dijaga oleh sebuah kesadaran membangun budaya demokrasi yang modern dan dipimpin oleh ketulusan hati.

Hari ini di Bandung , kesadaran yang terpenjara oleh tenda-tenda berpendingin udara terbebaskan oleh kesederhanaan. Fantasi yang dilambungkan oleh balon-balon udara itu kembali di bumikan.

Seperti kata Anas Urbaningrum tahun 1998 silam, "Harga diri demokrasi terletak pada faedahnya bagi publik." (adv/adv).


Anas sudah menjadi ketua umum partai Demokrat. Kelebihannya sebagai aktifist sudah tidak usah dipertanyakan. Hanya sebagai aktifst sdh pasti tidak akan puas dan menerima kultur keluarga sebagai patron poltik dan penentu arah selamanya.

Hambatan sebagai personal tidak usah dibahas sehingga yang dibahas adalah hambatan berdasarkan pengalaman dan cultural aktifist. Oleh karenanya jika transformasi social di partai demokratnya tidak mulus hampir pasti akan berantakan. Sebelumnya sangat jelas bahwa sentranya adalah SBY, keluarga dan cikeas. Sekarang ini akan mulai berubah.


Disinilah kita sebaiknya belajar melihat bagaimana cultural yang luhur dan baik ini bisa bertransformasi sehingga pada sisi pengorganisasian ini dibuktikan bahwa anaslah yang berhasil memenangkan kontestasi di Partai Demokrat ini,

Disini juga terlihat kejelian sang maestro achmad mubarok yang jelas jelas mendukung anas dari sejak awal bahkan sejak pilpres 2009 sudah menyebut bahwa untuk 2014 jika ingin butuh kepastian maka anaslah yang harus menjadi Presiden di 2014.

Disisi lain ini adalah tanda bahwa partai democrat tidak akan seterusnya mengandalkan blessing cikeas karena pasca 2014 sudah pasti keua dewan pembinanya tidak akan menjadi Presiden RI lagi jika Indonesia menggunakan uud yang sekarang digunakan.

Oleh karenanya kekalahan andy dan marzuki bisa dikatakan sebagai era baru partai democrat dimana sebelumnya patronasenya SBY dan cikeas sedangkan kedepannya adalah aktifist dan pegiat politik serta jaringan partai democrat sendiri. Ini berarti bergeser juga dari tadinya patronya keluarga saat ini dengan jelas jelas akibat kekalahan ibas yg mendukung andy maka pusarannya mulai bergerak mendapatkan patron baru yang semakin hari akan semakin terbaca.

Orang juga tidak memperhatikan bahwa Anas memang tidak bersama ibas tetapi jelas sowan bertemu dengan ibu sepuh yg juga jelas putri dari kiai besar di jatim dan disini jugalah cultural NU berpengaruh. Jika pada 2005 yg terjadi sebaliknya dimana calon calon professional mundur dan dikalahkan keinginan dari keluarga supaya hadi utomo yang menjabat saat ini yang terjadi sebaliknya. Oleh karenanya ini adalah momentum membalikan arah jarum jam bagi Partai Demokrat menjadi partai moderen.

Sekarang kesiapan partai Demokrat menjadi partai moderan sedang dipertaruhkan , apakah pengaruh SBY, keluarga dan cikeas akan tetpi dominant sehingga anas walaupun memenangkan kontestasi tetapi kewenangan tetap pada tempat dan posisi semula atau kewenangan itu memang diiklaskan SBY, keluarga dan cikeas diberikan sepenuhnya sepanjang amanah dijaga.?

Jika ini terjadi dan dilakukan maka akan ada perubahan nyata ibas kalaupun tetap penting karena sebelumnya lebih berposisi sebagai putra kerajaan dan putra mahkota. Kedepan jika menginginkan partai dan jenjang politik yang lebih tinggi maka ia harus berkeringat dan tidak bisa lagi mengandalkan hanya menemani kedua orang tuanya dalam kunjungan.

Disisi lainnya tidak ada pilihan bagi ibas selain merubah polanya dalam berpolitik dan ini juga yang ditunjukan SBY kepada anaknya karena dengan cara politik seperti saat ini serta zaman perubahan social seperti ini sudah pasti cara politik yang lamanya tidak akan bertahan lama.

Perubahan perubahan hampir pasti akan terjadi meluas. Dengan adanya Anas hampir pasti intelektual dan cendikiawan akan dipanggil dan masuk. Disini juga jika tidak hati hati akan bergesekan dengan orang orang yg bergelar dan kebetulan sekolah diluar negeri yang sekarang sudah mewarnai Partai Demokrat.

Kita akan melihat berbagai hal baru atau justru akan segera muncul pertentangan akibat perubahan ini.

Kita akan segera melihatnya dalam 3 tahun kedepan? Jika berhasil bertransformasi bagaimana dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat.

Agus muldya natakusumah
Indosolution

Messages in this topic (1)

Ahli yang menghantar menggunakan kata-kata kesat dan kasar atau menyerang peribadi ahli yang lain, email mereka tidak akan disiarkan.

Ahli group yang sentiasa menghantar email berkenaan politik sahaja akan disiarkan emailnya tanpa penapisan moderator group.

Email yang disiarkan dipertanggungjawabkan kepada pengirim email tersebut dimana moderator dan group tidak boleh dipertanggungjawabkan.

=============================================
Link List:
• Lirik Lagu Popular - http://www.lirikpopular.com
• Spa Q - http://spa-q.blogspot.com
• Auto Insurance - http://pdautoinsurance.blogspot.com

------------------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/

<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
dunia-politik-normal@yahoogroups.com
dunia-politik-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dunia-politik-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

------------------------------------------------------------------------

No comments:

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com