20081209

Get Perak Sultan's Consent Before Issuing Statement On Religious Matter - Raja Nazrin

(Bernama) The Raja Muda of Perak, Raja Dr Nazrin Shah Tuesday reminded the Menteri Besar, state executive councillors and the state Islamic Religious Affairs Department (Jaip) director not to make any statement on an Islamic religious issue without obtaining the consent of the Perak Sultan, Sultan Azlan Shah.

Raja Nazrin said any Islamic religious matter must first be referred to him (Raja Nazrin) as the head of the Perak Islamic Religious and Malay Customs Council (MAIAMP) and then presented to the Perak Sultan for consent before any statement could be issued on the matter.

The Raja Muda also reminded the Menteri Besar, the state Religious, Islamic Education, Women and Welfare Committee chairman, and Jaip director and staff to first refer to MAIAMP any matter which comes under the jurisdiction of the Perak Sultan, to be presented to the Sultan for consent before any public or media statement could be issued on the matter.

Raja Nazrin also stressed that besides the fatwa (edicts) issued by the National Fatwa Council, the initial process of considering, deciding on and issuing any fatwa must also be referred to the Conference of Malay Rulers for consent.

"What is happening now is that there is another forum known as the Muzakarah Jawatankuasa Fatwa (Fatwa Consultative Committee), which had directly made an annnouncement on a fatwa without first referring it to the Conference of Rulers. This situation, if not corrected, can cause confusion among Muslims," he said at the 164th Conference of MAIAMP, here, Tuesday.

At the same time, Raja Nazrin said, it must also be reminded that the Islamic Development Department Malaysia (Jakim) did not have the legal power to give administrative directives to any state Islamic religious administration.

"To maintain harmonious relations, it is important that the jurisdiction of the respective religious committees and departments, as well as the position, power, privileges and sovereignty of the Malay Rulers as provided for in the Federal and State constitutions be understood and respected," he said.

Raja Nazrin also said that mosques' administration with regards to finance and carrying out activities that could educate the people and promote unity and harmony, was measured for their ability to initiate innovative and creative programmes and in ensuring that the mosques were free of deviating sermons and partisan politics that could divide the people.

To avoid unwanted activities at mosques, Raja Nazrin asked that the territorial chiefs (Orang Besar Jajahan), district religious authorities, penghulu and police monitor the mosque activities, including the contents of sermons and talks, in their respective areas and submit weekly reports upon discovering such activities taking place.

2 comments:

IBNU MASUD said...

Asslamualaikum Wr Wb

Memperkenalkan saya Ibnu Masud, S.Ag (50 tahun) tinggal di Perumtas 3 blok O4 ds.
Saat ini saya bekerja sebagai guru di sekolah menengah dan menengah termasuk sekolah asrama Islam di area Item, Inggris dan Arab.

Saya selalu bermimpi memiliki rumah sejak 10 tahun yang lalu (2007) tetapi tidak pernah mencapainya, sejak ini. Itu karena gaji sebagai guru tidak pernah cukup untuk membeli rumah baik secara kredit / hipotek atau uang tunai.

Beban hidup semakin berat dengan harga makanan pokok dan berdampak pada biaya hidup keluarga saya dengan 3 anak dan 1 istri. Ketika anak pertama saya memasuki pondok pesantren tahfidz di Cipondoh, biaya pastinya meningkat. Meskipun saya telah mencoba membuka usaha dengan istri saya, saya mulai menjual bakso, pempek dan es cappucion kepada kriuk. Tetapi semua hasil belum mampu menutupi impian saya untuk membeli rumah. Jadi, doa saya setiap saat dalam keheningan agar kebaikan saya dapat membuka masalah orang-orang kapan saja dengan percaya pada kebaikan dapat menjawab harapan saya dan keluarga saya.

Tuhan menggunakan ibu emiliana yang baik hati untuk menjawab doa-doa saya dan impian saya menjadi kenyataan. Adik perempuan saya Y Sigit Wijatmaka mengarahkan saya ke ibu emiliana. Dia juga mendapat pinjaman dari ibu emiliana. Anda dapat menghubungi email kakak saya: swijatmaka02@gmail.com

dan ini email saya: ibnumasud0646@gmail.com


Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan emiliana ibu
Saya sangat senang mendapat pinjaman. Saya memulai konstruksi bulan ini. Saya juga memberi istri saya sejumlah uang untuk memulai bisnis. Saya mendapat pinjaman 1 miliar. mother emiliana adalah satu-satunya Pemberi Pinjaman online asli dari sebuah organisasi internasional yang saya kenal. Banyak yang lain palsu. Saya ingin memberi tahu orang-orang yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

atau whatsapp: +1(301)3712347

Wassalamualaikum Wr. Wb

EWITA YUDA said...

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com