20090813

Dunia-Politik.blogspot.com - Digest Number 1903

There is 1 message in this issue.

Topics in this digest:

1. UNDANGAN: pendirian yayasan
From: awang_juned_bin_ayub


Message
________________________________________________________________________
1. UNDANGAN: pendirian yayasan
Posted by: "awang_juned_bin_ayub" ali_cestar@yahoo.com awang_juned_bin_ayub
Date: Sun Aug 2, 2009 12:12 pm ((PDT))

UNDANGAN: pendirian yayasan SurauNet

1. Latar belakang

A. Sampai 1 Agustus 2009, tercatat 800 lebih member SurauNet di Facebook yang belum memiliki login akses SurauNet. Di mailbox admin terdapat hampir 500 orang yang telah mendaftar request for password, namun belum membayar iuran.

Dan, ribuan lainnya memilih sebagai silent audience dan hanya mendapatkan info headlines dari posting2 admin ke milis dan forum, plus puluhan puluhan ribu visitor yang terlacak dari web statistics di server baik yg berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

B. Banyaknya desakan dari pengunjung www.surau.net agar akses ke situs SurauNet digratiskan saja sehingga target audiensi bisa lebih menjangkau publik dalam arti yang lebih luas. Dan, agar SurauNet mencari sumber pendaanaan lain untuk menopang biaya operasional.

C. Sampai saat ini SurauNet belum berbadan hukum (idealnya berbentuk Yayasan). Nama yayasan sudah diusulkan sejak 2008 yakni Bangun Surau Nusantara, mengacu pada visi dan misi yang ada sementara ini sebagai suatu `Majelis Ta'lim' yang berorientasi pada aspek-aspek terkait ilmu pengetahuan, tarbiyah Islamiyah, kultur Islami, monitoring madaniah dan kegiatan sosial keagamaan baik online maupun offline.

D. Perlunya manajemen yang lebih professional yang didukung perencanaan anggaran serta program-program dan agenda kegiatan yang lebih matang untuk setiap tahunnya, termasuk membuka rekening a.n. yayasan, bukan menggunakan rekening pribadi a.n. admin@surau.net seperti sekarang ini.

E. Perlunya lembaga yang berkekuatan badan hukum tetap dan mengikat untuk menjalin kerjasama dengan pihak ketiga baik di ruang lingkup domestik, bilateral maupun internasional guna menggarap kerjasama maupun program-program dan agenda kegiatan pada ruang lingkup yang lebih luas.

2. Kebutuhan operasional

A. Selama 2008-2009 semua biaya operasional taktis di-cover hampir 100% oleh individu admin@surau.net a.n. Ali Cestar, karena iuran membership yang ada, termasuk kerjasama pemasaran produk dengan pihak ketiga masih terbilang jauh dari memadai.

B. Biaya operasional saat ini terus diusahakan fleksibel oleh admin seminim mungkin namun dalam perkiraan kasar overhead cost bulanan meliputi:

• Online cost: Rp500.000,-
• Honorarium redaksi: Rp2.500.000,-

C. Saat ini tercatat hampir 30 calon penulis lepas dan penerjemah yang sudah mengajukan lamaran ke mailbox admin@surau.net yang siap menunggu job order untuk menerjemahkan, mengedit, mengumpulkan dan mengkompilasi data dan informasi (terutama) dari berbagai belahan dunia untuk mengisi halaman Jurnal dan Dakwah ( http://www.surau.net/jurnal.php ) yang saat ini belum di-publish ke halaman depan karena masih dianggap vakum. Semua biaya dalam ayat C ini masuk dalam kategori `Honorarium redaksi.'

D. Dengan adanya perencanaan dan pencadangan anggaran, semua uang iuran yang ada saat ini akan dikembalikan kepada member bersangkutan dan untuk selanjutnya portal SurauNet akan digratiskan untuk publik melalui registrasi membership gratis, tidak lagi memungut iuran seperti saat ini. Sementara untuk contributing blogger juga akan diusahaan honorarium.

3. Pendirian yayasan

A. Untuk perencanaan operasional ke depan, minimal untuk tahun anggara 2009-2010 diperlukan dana sedikitnya 12 bulan x Rp3.000.000,- = Rp36.000.000,- (Tiga puluh enam juta rupiah) guna menjaga kelangsungan dan eksistensi SurauNet baik di dunia maya maupun di alam nyata.

B. Menurut keterangan dari pihak notaris, dibutuhkan minimal 8 (delapan) orang pendiri yang akan dibagi ke dalam jajaran pengurus yayasan yakni Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus.

4. Rekruitmen mitra pendiri

A. Dengan asumsi anggaran Rp36 juta yang dibutuhkan (dikehendaki admin@surau.net) untuk menjaga eksistensi SurauNet mulai tahun anggaran 2009/2010, maka dibutuhkan setoran minimal Rp4.000.000,- (Empat juta rupiah) dari tiap calon pendiri yayasan jika jumlah minimal 8 (delapan) orang sudah terpenuhi.

B. Apabila nilai nominal itu dirasa sulit dalam mendapatkan mitra pendiri yayasan, maka setoran bisa dikurangi menjadi Rp1.000.000,- per orang dengan memperbanyak jumlah mitra menjadi 36 orang.

C. Apabila nilai tersebut masih dirasa sulit untuk mendapatkan setoran, maka bisa dikurangi menjadi Rp500.000,- per orang asal jumlah calon pendiri mencapai 72 orang.

D. Dengan format di atas, maka siapa saja yang berminat bisa menyetorkan nominal paling kecil Rp500.000,- dengan hak a.n. pendiri yayasan sebesar 1/72, atau menyetor Rp1.000.000,-- dengan hak 1/36 atau menyetorkan dana Rp4.000.000,- dengan hak atau andil atas pendirian yayasan sebesar 1/8.

Andil itu bisa dikonversi dengan menempatkan nama anggota keluarga/ karib kerabat masuk dalam daftar pendiri yayasan. Share yang didapat = hak/andil dibagi dua dengan founder admin SurauNet

E. Gabungan semua hak secara bersama di atas akan dihitung sebagai andil 50% dari total hak pendiri yayasan, sementara sisanya 50% diserahkan dalam bentuk apresiasi kepada founder SurauNet, Sdr Ali Cestar a.l. untuk:

• Menjamin eksistensi dan masa depan SurauNet tetap berada di jalur yang semestinya.
• Menghindari kemungkinan penyalahgunaan kekuasaan oleh tirani mayoritas pendiri yayasan.
• Menghindari eksploitasi atas yayasan yang tak sesuai dengan prinsip semula pendirian yayasan.

F. Pada dasarnya, proposal ini dilandasi oleh rasa kepercayaan dan solidaritas sosial keagamaan. Meski ada profit di kemudian hari, namun itu bukanlah tujuan utama. Karena, dasar pendirian lebih pada lembaga yang tidak berorientasi pada profit (nirlaba).

Meski begitu, setiap advantage baik berupa profit maupun benefit lain yang muncul di kemudian hari, tetap akan dibagi berdasarkan asas manfaat kepada para pendiri sesuai andil/hak masing-masing dan/atau diatur oleh keputusan rapat atau musyawarah bersama.

5. Implementasi / persiapan pendirian

A. Menerima pendaftaran calon pendiri yayasan SurauNet yang disertai dengan bukti setoran ke rekening sementara SurauNet a.n. admin SurauNet, Ali Cestar di BCA dan BNI. Nama penyetor harus cocok/sesuai dengan nama yang tercantum pada formulir registrasi yang tersedia. Bukti setoran akan dicek ke rekening:

• BCA No. 084 037 5811 a.n. Ali Cestar, Drs
• BNI No. 013 769 0351 a.n. Ali Cestar

B. Setelah target anggaran dinilai sudah tercapai (lebih kurang Rp36.000.000,-), semua calon pendiri yang terdaftar akan diundang untuk rapat yang tempat dan waktunya akan ditentukan kemudian.

Bagi yang berhalangan rapat, disediakan forum sementara di http://groups.yahoo.com/group/SurauNet untuk menampung pendapat, gagasan dan usulan atau sekadar memonitor setiap progres kegiatan.

C. Pada saat yang sama, semua nama akan didaftarkan sebagai pendiri yayasan (Bangun Surau Nusantara) dengan wilayah pendirian di Depok dan didaftarkan di Pengadilan Negeri Depok, untuk sementara menggunakan format AD/ART yayasan yang standar (atau menuruti saran terbaik dari notaris), namun bisa dirubah di kemudian hari berdasarkan keputusan rapat dan musyawarah para pendiri.

D. Untuk keperluan legalitas, setiap calon pendiri yang telah menyetorkan dana, agar mengirimkan foto kopi KTP baik melalui pengiriman scanned file (GIF/JPG) ke admin@surau.net atau facsimile ke sekretariat sementara Jl Raya Radar AURI 23, Mekarsari, Depok Fax: (021) 87757726.

E. Tidak ada syarat dan ketentuan khusus untuk menjadi pendiri yayasan SurauNet kecuali terdaftar sebagai WNI dan beragama Islam yang dibuktikan dengan fotokopi KTP.

F. Konfirmasi pembayaran setoran bisa via email ke admin@surau.net atau SMS 0818-08357232 dengan tiga opsi setoran (kelipatan minimal) yaitu:

• Rp500.000,-
• Rp1.000.000,-
• Rp4.000.000,-

G. Mitra tunggal/minoritas dari segelintir orang juga dimungkinkan bahkan sangat direkomendasikan asal bila ditotal (atau mampu menyediakan nama) tidak kurang dari 8 (delapan) orang sebagai syarat pendirian yayasan.

Hormat kami,
a.n. Bangun Surau Nusantara ( `Yayasan SurauNet Sementara' )

Ali Cestar
Address: Haji Ramin 38 Radar AURI, Mekarsari, Depok 16952
Email: admin@surau.net, ali_cestar@yahoo.com
Phone: 0818-08357232, 0882-10536693
Website: http://www.surau.net

Undangan ini juga diposting di:
http://www.facebook.com/group.php?gid=45953693267
http://groups.yahoo.com/group/suraunet/
http://groups.yahoo.com/group/SongkokMelayu
http://groups.yahoo.com/group/Interfaith_Indonesia


Messages in this topic (1)

Ahli yang menghantar menggunakan kata-kata kesat dan kasar atau menyerang peribadi ahli yang lain, email mereka tidak akan disiarkan.

Ahli group yang sentiasa menghantar email berkenaan politik sahaja akan disiarkan emailnya tanpa penapisan moderator group.

Email yang disiarkan dipertanggungjawabkan kepada pengirim email tersebut dimana moderator dan group tidak boleh dipertanggungjawabkan.

=============================================
Link List:
• Lirik Lagu Popular - http://www.lirikpopular.com
• Spa Q - http://spa-q.blogspot.com
• Auto Insurance - http://pdautoinsurance.blogspot.com

------------------------------------------------------------------------
Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/

<*> Your email settings:
Digest Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dunia-politik/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:dunia-politik-normal@yahoogroups.com
mailto:dunia-politik-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dunia-politik-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

------------------------------------------------------------------------

No comments:

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com