20081027

Dunia-Politik.blogspot.com - Digest Number 1711

Messages In This Digest (6 Messages)

Messages

1.

Re: [ReSpONs] Islam dan Ketuanan Melayu (2)

Posted by: "Azham Abdullah" azham_917@yahoo.com   azham_917

Sun Oct 26, 2008 8:23 am (PDT)

 ...dan sebagai merujuk pesanan drpd Zulkifli Nordin YB Kulim, kemuliaan Melayu adalah terletak pada huruf Mim apabila dieja dalam huruf jawi Mim Lam Alif Ya Wau. Jika tiada huruf Mim maka yg tinggal Lam Alif Ya Wau bunyinya LAYU. Kerana apa? Kerana huruf Mim di pangkal adalah melambangkan perkataan Muslim yg juga bermula huruf Mim. Jika Melayu meninggalkan Muslim maka jadilah mereka layu tidak bermaya.  Untuk Melayu kembali kuat dan segar semula, tidak lain dan bukan, maka jawapannya ialah Melayu kenalah kembali kepada ISLAM yang satu. Bukan Hadhari dan bukan yg jenama lain. Kita org melayu sama-sama kembali menjadi Muslim yg sejati.  Tidak kiralah apa pendirian dan kecondongan kpd pihak mana YB Zulkifli semasa mengucapkannya tetapi apa yg penting kebenaran mestilah diletakkan di hadapan.  Tahniah YB Zulkifli, teruskanlah sikap berani sedemikian. !

--- Pada Sab, 25/10/08, umar faruqi <faruqi03@yahoo.com> menulis:

Daripada: umar faruqi <faruqi03@yahoo.com>
Subjek: [ReSpONs] Islam dan Ketuanan Melayu (2)
Kepada: respeks@yahoogroups.com, tipah@yahoogroups.com, kayangan@yahoogroups.com, SahabatInteraktif@yahoogroups.com, mahligai@yahoogroups.com, bersamamu@yahoogroups.com, blalang_group@yahoogroups.com, keluarga_melayu@yahoogroups.com, keluarga02@yahoogroups.com, melayucyber@yahoogroups.com, melayusiber@yahoogroups.com, rampai_iklan@yahoogroups.com, respons@yahoogroups.com, kejayaan_sihatceria@yahoogroups.com, uitm-melaka@yahoogroups.com, azhariyeeiin@yahoogroups.com, iklanbebasku@yahoogroups.com, usahawan_cyberia@yahoogroups.com, MANGKUKHAYUN@yahoogroups.com, mymasjid@yahoogroups.com
Tarikh: Sabtu, 25 Oktober, 2008, 6:21 PM

Islam dan Ketuanan Melayu (2)

Fahri Abdullah al-Masri
Sun | Oct 26, 08 | 5:14:04 am MYT

Akhirnya polemik Ketuanan Melayu meletus kembali menjadi topik perbincangan dalam kalangan cendekiawan Melayu. Ketuanan Melayu adalah suatu konsep yang tidak pernah disebutkan dalam Perlembagaan Persekutuan.

Iklan
 

 

 
 
Demikian antara hujah pihak-pihak yang tidak pernah bersetuju dengan Ketuanan Melayu itu. Bagi mereka, kalau hal itu tidak pernah disebutkan dalam Perlembagaan Persekutuan, maka kenapakah hal itu perlu diulang-ulang?

Antara hujah lain, Ketuanan Melayu ditolak lantaran ramai pihak menganggap konsep itu sebagai menunjukkan bangsa bukan Melayu sebagai hamba. Perbahasan mengenai hal ini agak panjang, sulit dan mendalam juga.
Oleh itu, kita akan debatkan hal ini dalam bahagian yang lain pula. Apa yang mustahak di sini ialah kupasan dan hal membedah sedalam-dalamnya hubungan Ketuanan Melayu itu dengan pencipta bangsa Melayu, iaitu Allah s.w.t.
Apabila kita akui hal ini, maka kita boleh mempertalikan hubungan Allah yang mahukan Islam dibawa dan didakwahkan oleh bangsa Melayu ke atas bangsa bukan Melayu dalam Malaysia hari ini. Masyarakat majmuk hari ini adalah suatu ruang untuk bangsa Melayu berdakwah kepada bukan Melayu sebenarnya.

Tetapi, sejauhmana bangsa Melayu berdakwah kepada bukan Melayu di negara ini, maka hal itu termasuk dalam bab lain pula. Bayangkan, apa akan jadi jika negara ini bukannya dimiliki oleh bangsa Melayu? Mungkin, dengan mudahnya dakwah akan tertolak.

Akan tetapi, Ketuanan Melayu yang dimahukan oleh Umno bukannya didasari oleh citra dan semangat dakwah, melainkan perkongsian kuasa dan selebihnya pembahagian kek ekonomi yang diselewengkan sehingga menjatuhkan maruah bangsa sendiri.

Ketuanan Melayu dan Negara Islam

Apakah persamaan antara konsep Ketuanan Melayu dan konsep Negara Islam? Kalau hal Ketuanan Melayu tidak disebut dalam Perlembagaan Persekutuan, maka demikianlah hal Negara Islam yang tidak disebut di dalam al-Qur'an.

Apakah ketidakwujudan Ketuanan Melayu dalam Perlembagaan Persekutuan dan Negara Islam yang tiada di dalam al-Qur'an itu melambangkan kedua-dua konsep ini tidak wujud sebagai suatu hal yang boleh dibincangkan?

Sama-sekali tidak! Malah, selagimana negara ini dipelihara oleh orang Melayu dan orang Islam, maka konsep ini selalu kekal relevan untuk dibahaskan. Istilah, ungkapan itu boleh diwujudkan selagi mana manusia itu mahukan ia wujud.

Maka, Ketuanan Melayu dan Negara Islam tidak disuratkan, tetapi disiratkan. Ia bukanlah tersurat tapi tersirat. Pun begitu kedua-dua kalimat itu sentiasa berdengung. Dan sebarang usaha untuk membuangnya tidak akan pernah berjaya kerana orang Melayu dan muslimin di negara ini telah diamanahkan oleh Allah untuk memimpin negara ini.

Islam perlukan sesuatu bangsa untuk meneguhkan

Dalam sejarah, Islam diletakkan di atas pundak kaum Arab sebagai bangsa pertama untuk meneguhkan ajaran Tauhid itu. Dan seterusnya ia meniti di atas batang tubuh kaum Parsi, bangsa Kurdish oleh Salahudin al-Ayyubi, bangsa Turki dan lainnya sehinggalah ia jatuh ke atas bangsa Melayu di Kepulauan Melayu atau rantau Nusantara ini.

Ini suatu hakikat yang tidak boleh dinafikan oleh sesiapa pun. Firman Tuhan:-

"� Dan kenanglah ketika Allah menjadikan kamu khalifah-khalifah sesudah kaum Nabi Nuh, dan Allah telah menambahkan kamu kelebihan (dan kekuatan) pada bentuk kejadian tubuh kamu. Maka kenanglah akan nikmat-nikmat Allah supaya kamu berjaya." (Al-A'raaf: 69)

Di dalam ayat di atas, Tuhan telah meletakkan ajaran Tauhid ke atas kaum Nabi Nuh dan dengan itu percubaan itu, proses menegakkan khilafah (ketuanan) ke atas kaum Nabi Nuh pun telah bermula. Mereka menolak lalu tercabutlah akar khilafah daripada mereka.

"Dan kenanglah ketika Allah menjadikan kamu khalifah-khalifah sesudah kaum A'ad dan ditempatkannya kamu di bumi, (dengan diberi kemudahan) untuk kamu mendirikan istana-istana di tanahnya yang rata, dan kamu memahat gunung-ganangnya untuk dijadikan rumah. Maka kenangkanlah nikmat-nikmat Allah itu dan janganlah kamu bermaharajalela melakukan kerosakan di muka bumi". (Al-A'raaf: 74)

Ketuanan khalifah itu cuba dipahatkan ke atas bangsa A'ad. Mereka membina peradaban, ketamadunan yang tinggi seperti yang disebutkan di atas. Dan khalifah telah dipesan agar tidak melakukan kerosakan. Namun, kerosakan tetap berlaku. Dan percubaan meletakkan ketuanan khalifah itu telah pun tamat tempohnya.

"Kemudian Kami jadikan kamu (wahai umat Muhammad) khalifah-khalifah di bumi bagi menggantikan mereka yang telah dibinasakan itu, agar Kami melihat apa pula corak dan bentuk kelakuan yang kamu akan lakukan. (Yunus: 14)

Kini, tibalah giliran umat Nabi Muhammad s.a.w pula untuk diberikan amanah, tugas dan tanggungjawab sebagai khalifah itu bagi menggantikan kaum yang telah dibinasakan itu. Dan kini, umat baginda sedang dipantau oleh Allah dengan tujuan yang sama, iaitu Allah ingin melihat sejauhmana kita menggunakan khalifah ketuanan itu bertujuan meneguhkan ajaranNya.

Maka, hal 'Ketuanan' itu terkait langsung dengan 'Ketuhanan'.
Ketuanan jatuh di China dan India

Penjelasan seperti inilah yang menyebabkan kita sedar bahawa kenapa Institusi Raja-Raja Melayu masih wujud dan kekal berbanding Dinasti Maharaja India dan Dinasti Maharaja China telah tumbang. Semua ini terkait dengan ketuanan atau khilafah itu.

Islam masuk ke India, tapi tidak lama dalam bentuk Ketuanan, lalu sistem maharaja India telah roboh. Sebenarnya, rajanya masih ada, tetapi sistem itu sudah tenggelam dan tidak banyak mempengaruhi keputusan melibatkan dasar negara.

Islam pernah masuk ke China. Tapi, yang terkenal cuma Laksamana Cheng Ho dan sosok itu bukanlah keturunan diraja. Akhirnya, dinasti pemerintahan beraja itu berakhir dan tumbang. Setelah gagal di India dan China, ketuanan itu mengalir ke Nusantara.

Tapi, Islam apabila masuk ke Kepulauan Melayu, ia meresap ke dinding istana dan Tanah Melayu terus berubah wajah, rupa parasnya sekelip mata, tanpa pertumpahan darah.

Sebab itulah desakan bukan Melayu agar kuasa istana dirobohkan di negara ini tak boleh dilayan. Ini kerana, Islam cuba memasuki wilayah mereka tetapi mereka menolaknya dan ketuanan mereka terhapus. Lalu, sebahagian mereka dikirim ke negara kita kerana Tuhan ingin memberi peluang kedua kepada mereka untuk mengenali Islam di sini.
Cabaran Islam di Indonesia lebih dahsyat. Ketuanan dan institusi raja-raja berkubur terus kecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jadi, kenapakah 'ketuanan' dalam bentuk institusi raja-raja Melayu di Malaysia terselamat?

Semua itu berbalik kepada Perlembagaan Persekutuan di Malaysia yang mana sirah telah membuktikan kebijaksanaan nenek moyang kita dahulu menggunakan ungkapan 'bangsa' Islam melawan 'bangsa' kafir. Itu ungkapan Tok Janggut, dan lain-lain pejuang.

Warisan perjuangan nenek moyang kita yang panjang inilah antara penyebab kenapakah orang-orang tua Melayu bijaksana dahulu telah digerakkan hati mereka untuk menyusun ayat di dalam perlembagaan bahawa Melayu itu berugama Islam dan raja-raja Melayu itu bertindak sebagai watak pemelihara agama.

Kita menulis begini supaya orang-orang Melayu Umno lekas-lekas sedar diri bahawa hal Ketuanan Melayu itu menjadi satu ungkapan yang istimewa bukanlah kerana kemelayuan mereka. Tapi, kerana mereka itu lemah-lembut, berakhlak mulia dan punya sifat menjaga agama Islam ini bukan hanya dalam bentuk amalan peribadi, malah bersifat dakwah.
Sekali gus, mudah-mudahan Umno yang menyebutkan Ketuanan Melayu itu cepat-cepat sedar bahawa yang disebut dalam perlembagaan itu cuma Melayu sebagai beragama dan Raja-Raja sebagai pelindung Islam.

Dan Tuhan tidak menggerakkan hati mereka untuk menamakan Umno sebagai parti yang memperjuangkan Islam dan melindung Islam di dalam perlembagaan. Syahadan, Umno telah diberikan peluang guna melindungi Islam selama 62 tahun belakangan ini.

Maka, Umno juga akan menerima nasib-nasib seperti kaum A'ad, Tsamud dan digantikan dengan parti-parti lain yang bakal dipantau oleh Allah juga untuk memperjuangkan Islam di negara ini. Umno bukan parti keramat! Sudah tentu Umno boleh direhatkan.

4:51 a.m, 26 Syawal
Sekolah Pemikiran Kg Baru _

Pada pengkagum Anwar, satu hari Anwar akan mati. Pada pengkagum Mahathir, satu hari Mahathir akan mati. Pada pengkagum Tok Guru Nik Aziz, satu hari tok guru akan mati. Pada pengkagum Tok Guru Haji Hadi, satu hari tok guru akan mati. Pada pengkagum Husam Musa, satu hari Husam Musa akan mati. Pada pengkagum tuhan rabbul jalil, Allah tidak mati.

ym : mr_respeks

weblog : http://respeks. blogspot. com
webgroups : http://groups. yahoo.com/ group/respeks

Dapatkan alamat E-mel baru anda!
Rebut nama E-mel yang telah lama anda kehendaki sebelum orang lain mendapatkannya!
http://mail.promotions.yahoo.com/newdomains/my/
2a.

Re: Modus kejahatan, dibaca ya sebagai refrensi...

Posted by: "Billy Yoseph Bibianus" billy_classic@yahoo.ie   billy_classic

Sun Oct 26, 2008 6:59 pm (PDT)

Maafkan aku jika salah, karena aku mempunyai jiwa nasionalisme terhadap bangsaku yang selalu diejek Indon oleh orang Malaysia. Aku merasa tidak nyaman dengan bilang bahasa kami adalah seronok. Pada saat ini kami memang tidak semaju dengan bangsa anda tetapi apakah dengan memulai memperolok duluan adalah sikap yang terpuji. Sudah banyak para warga negara saya menjadi tenaga kerja di tempat negara anda mengalami kekerasan, email saya kemarin adalah hanya info tentang menghindari kejahatan yang dialami di negara kami, tetapi kenapa komentar anda adalah seronok bahasa kami. Saya merasa letak persaudaraan kami adalah dengan Anwar Ibrahim karena jika dengan anda Saudara Azhan Abdukkah dimana yang katanya saudara satu rumpun itu ?. Jelas aku marah dengan komentar anda tetapi aku juga tidak mau main kekerasan dengan anda, Saya tetap merasakan anda adalah saudara saya, walaupun kita hanya berbeda....
 
Salam,
Billy Joseph Bibianus, S.IP  

--- On Fri, 24/10/08, Azham Abdullah <azham_917@yahoo.com> wrote:

From: Azham Abdullah <azham_917@yahoo.com>
Subject: Re: Dunia-Politik.blogspot.com - Modus kejahatan, dibaca ya sebagai refrensi...
To: dunia-politik@yahoogroups.com
Date: Friday, 24 October, 2008, 8:56 PM

Gwe udah mulain suka sama loghat Indon, ngapain Lo Billy makin ngutuk Loghat Malaysia, Lo bener apa gak? Nanti gwe bilang Lo bego Lo marah.. 

--- Pada Jum, 24/10/08, Billy Yoseph Bibianus <billy_classic@yahoo.ie> menulis:

Daripada: Billy Yoseph Bibianus <billy_classic@yahoo.ie>
Subjek: Re: Dunia-Politik.blogspot.com - Modus kejahatan, dibaca ya sebagai refrensi...
Kepada: dunia-politik@yahoogroups.com
Tarikh: Jumaat, 24 Oktober, 2008, 5:34 AM

Dari pada logat malaysia yang pengucapannya sangat jelek dan kaku,....

--- On Fri, 24/10/08, Azham Abdullah <azham_917@yahoo.com> wrote:

From: Azham Abdullah <azham_917@yahoo.com>
Subject: Re: Dunia-Politik.blogspot.com - Modus kejahatan, dibaca ya sebagai refrensi...
To: dunia-politik@yahoogroups.com
Date: Friday, 24 October, 2008, 7:07 PM

 
seronok juga belajar memahami loghat Indonesia ni.   hehehhee

--- Pada Khm, 23/10/08, Billy Yoseph Bibianus <billy_classic@yahoo.ie> menulis:

Daripada: Billy Yoseph Bibianus <billy_classic@yahoo.ie>
Subjek: Dunia-Politik.blogspot.com - Modus kejahatan, dibaca ya sebagai refrensi...
Kepada: invinity@yahoogroups.com
Cc: belarasakita@yahoogroups.com, forumkomunikasi_pmkaj@yahoogroups.com, prp_jakarta@yahoo.com, omk-KAJ@googlegroups.com, omki@yahoogroups.com, hertanti_k@yahoo.com, purnomo@kawali.org, achie_powerpuffgirls@yahoo.com, dunia-politik@yahoogroups.com, islam-kristen@yahoogroups.com, sidokterkecil@yahoo.com, sirius_snape90@yahoo.com, pram_blink182@yahoo.com, joseph.mangu@gmail.com, dominicusalvin@yahoo.com, pena_agung@yahoo.com, danarsuryo@gmail.com, adikita@yahoo.com, maryanto@kawali.org, thomhasambar@gmail.com, prothejs@yahoo.com, yohanes88@yahoo.com, pram_blink182@yahoo.co.id, eugtri@gmail.com, lnova_2010@yahoo.com
Tarikh: Khamis, 23 Oktober, 2008, 11:21 PM

--- On Fri, 24/10/08, silvia widianti <silviajelita@yahoo.com> wrote:

From: silvia widianti <silviajelita@yahoo.com>
Subject: [cbt_komretnas2006] Fw: Modus kejahatan...
To: "cbt-komretnas" <cbt_komretnas2006@yahoogroups.com>, stradabu14@yahoogroups.com
Date: Friday, 24 October, 2008, 10:58 AM

vivi junglelita
GraTis DesiGner
silviajelita@yahoo.com
contemplatio ad amorem

--- On Tue, 10/21/08, Maurizio <maurizio_09@yahoo.co.id> wrote:

From: Maurizio <maurizio_09@yahoo.co.id>
Subject: [rajawalimuda] Modus kejahatan...
To: rajawalimuda@yahoogroups.com, "Mardea Mumpuni" <mardea.mumpuni@metrodata.co.id>, "Melissa Soraya" <melissa_soraya@yahoo.com>, "Pandu" <pandu_vespa63@yahoo.com>, "Reyhan Pattiwael" <reypatti@gmail.com>, "Roland Kondoy" <pgm_lover@yahoo.co.uk>, "Ulrieke Putri" <ulrieke.winda@indoclay.co.id>
Date: Tuesday, October 21, 2008, 12:14 AM

Tolong Baca dengan Baik ya...

Penting BGT
khusunya BUat para Mahasiswi Yang kuliah entah di UI depok ATO dimanapun
maap Kalo rada Panjang,,,

GW mau share pengalaman CEWE gw SENDIRI !!

hari jumat kemaren (17 Oktober 2008) cw gw baru selesai Kuliah (jurusan mipa UI ) jam 5 sore an
Setelah selesai dia Mau jalan Ke kostannya Untuk Ganti baju karena janjian Sama Gw DI detos Buat Nonton 21... (posisi Gw dah Di DETOS)
dari kampus MIPA ui depok dia Menuju kotan Jalan Kaki Rutenya = MIPA __ FKM __ BNI ___ Gang SENGGOL

nah pas baru sampe BANK BNI yang di UI .. dia liat mobil KIJANG KAPSUL warna item
dengan no polisi D ( bandung )
ge Lupa NOnya..diluar Mobil itu ada cowo usia 30an..
Cowo itu manggil CEWE gw,,,,
cewe gw Nyamperin Dong,,,

trus si COWO ( DENGAN LOGAT MALAYSIA )
bilang sama cewe gw kalo Dia ngasar, dia Mau Ke UI SALEMBA tapi Nyasar ke ui DEPOK ,,,

Trus Sama Cw gw dikasi tau arah2nya,,,,
ga Lama kemudian Ada ibu2 datang Entah dari mana datangnya nanya ada Apa
lalu cewe gw Bilang Kalo oang itu nyasar...
NAh terjadilah Perbincangan

yang INTInya si IBU itu menyarankan KALO CEWE GW NGANTERIN orang itu ke SALEMBA ,,, (WTF) !!

"udah de anter aja kasian Masnya jauh2 dari malaysia Nyasar,,,
kamu Ga kasian? Tolongin Ya .. Kalo saya tau Juga SAya Antar ko
naik Mobil kan Ga lama" ---> ini lah UCapan Ibu tadi sambil maksa2 CEWE gw malah sampe cewe gw di DOrong2 masuk Mobil,,,

cw gw Bingung...

Nah dia TLP gw,,,!!
saat dia TLp dia udah Mau Masuk Ke dalam MOBIL yang TERNYAta ada 2 orang COWO didalamnya !!!

dia bilang "yaang aq di minta tolong Ke ui salemba sama orang nyasar,, cowo naik Mobil kijang item Ni "

BUSEET panik gw !! ga sadar Gw Teriak " JANGAN !! KELUAR KAMU dari MOBILNYA !! kamu Dimana? "

"di BNI"

"YAUDAH kamu KEluar Dulu ya dari MOBILnya aq Kesitu "

Langsung Gw lari dari DETOS karena Kalo gw NGambil MOTOR pasti lama di parkirannya, ,,, !!

pas gw dah sampe BNI cewe Gw Lagi Dipegangin Tangannya sama ibu2 trus kedengerang ibu2 maksa Suruh Naik MOBIL !!

GILA AJA ...!!!

langsug Gw tarik tangan CEWE gw
sambil maah Gw bilang " ada apa Ni bu !!"

Setelah Diceritain KRONOLOGISnyaa, ,, Gw langsung ngBAtin ada yang Ga bener ni...!

terus Gw Bilang aja sama Cowo yang Logat malaysia Tadi,,,
" KALO LO MAU KE SALEMBA TANYA POLISI AJA ngapain LO ngajak2 Cewe Segala !! "

dia malah MArah Marah dan KELUARLAH LOGAT (maaf) BATAKnya.. (gw rasa dia orang batak yang Pura2 jadi malaysia )

gw sama tu cowo sempet adu MULUT sampe mau Gw TONJOK yu ORANg kesel gw dia yang minta tolong Ko malah dia yang NGOTOT !!

cewe gw ketakutan ampe mau nangis Karena Gw uda ga tahan BGt sama Nyolotnya tu orang !
galama kemudian dia pergi Naik MOBILNya...

trus Si ibu2 Bilang " BEGO bgt si bukannya di anterin "
-anjing Bgt Tu ibu2 bilang cewe Gw Bego !!-

"maksud ibu apa bilang cewe saya Bego?? kenapa ga Ibu aja Yang Anterin!!"

ehh ibu2 itu BILANG ( ini dia kata Kuncinya )

" KALO TADI MBAKNYA nganterin saya KAN DAPET UANG dari Mereka !!!!!!"
sambil ngeloyor pergi....... naik MOOTOR sama cowo yang letaknya Ga jauh dari LOKASI....

dari situ Gw sama cewe Gw langsung kepikiran Kalo Tadi itu MUNGKIN oknum Penculikan !

gw jadi inget sama Kasus Mahasiswi GUNADARMA yang diculik,diperkosa, dirampok, dibunuh,dan Di buang Di gerbatama UI ....

alhamdulillah Cewe Gw masi dilindungi allah...

jadi TOLONG hati2 buat semuanya,,,
jangan Terlalu Percaya sama orang yang Ga dikenal
jaga diri Baik2 ya

HATi2 ya Semua,,,,,,, ,,

maap Kepanjangan DAN kalo salah Kamar tolong Di maaKan MIMIN

 

SOURCE

 
*langsung dari source bener atau hoax paling nggak bisa untuk awasan kita atau temen kita, karena hal kayak gini bisa aja terjadi*
 
Best Regards,
Faith Loen
<a href=http:// www.new.facebook .com/people/ Faith_Loen/ 830019658>Facebook me!</a>
 

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

Nama E-mel baru untuk anda!
Dapatkan nama E-mel yang telah lama anda mahukan pada @ymail dan @rocketmail yang baru.
Cepat sebelum orang lain mendapatkannya!
Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com

Search. browse and book your hotels and flights through Yahoo! Travel

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
3.

Laskar Pelangi...

Posted by: "Billy Yoseph Bibianus" billy_classic@yahoo.ie   billy_classic

Sun Oct 26, 2008 10:29 pm (PDT)

Historical singkat film "Laskar Pelangi".

 

Laskar Pelangi, Kisah Kalangan Pinggiran Menggapai Mimpi

Adegan Laskar Pelangi
Laskar Pelangi berkisah tentang 10 anak kampung di Desa Gantong, Pulau Belitong, Sumatera. Mereka bersekolah di sebuah SD Muhammadiyah yang bangunannya nyaris roboh dan di malam hari menjadi kandang ternak. Sekolah itu nyaris ditutup jika muridnya tidak sampai 10 orang.

Jika saja tak ada Harun (Jeffry Yanuar), seorang anak berusia 15 tahun dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar tidak hanya mengejar anak ayam di rumah, tentu tidak pernah terjadi kisah ini.

Muslimah (Cut Mini) atau Bu Mus dan Pak Harfan (Ikranagara) , dua orang inilah yang meneruskan perjuangan sekolah tersebut. Mereka menginginkan anak-anak miskin berhak untuk menggapai cita-cita. Rasa menyerah, putus asa, dialami Bu Mus dan Pak Harfan karena tidak adanya minat serta biaya bagi kaum miskin untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Maklum, bagi kalangan bawah, menyekolahkan anak berarti mengikatkan diri pada beban biaya yang harus ditanggung selama bertahun-tahun. Termasuk tertutupnya kesempatan mempekerjakan si anak secara penuh waktu demi membantu mengurangi beban hidup yang berat.

Namun di hari itu Harun, seorang murid istimewa menyelamatkan mereka. Berkat Harun, jumlah murid genap menjadi 10 orang dan sekolah batal ditutup. Lalu, sepuluh murid itu diberi nama Laskar Pelangi oleh Bu Mus.

Lima tahun berlalu, Bu Mus, Pak Harfan dan ke sepuluh murid dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing, berjuang untuk terus bisa sekolah. Di antara berbagai tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Veris Yamarno) dengan bakat dan kecerdasannya muncul sebagai pendorong semangat sekolah mereka.

Film ini dipenuhi kisah tentang kalangan pinggiran, kisah perjuangan hidup menggapai mimpi yang mengharukan, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia.

Seperti diketahui, film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama, Laskar Pelangi, karya Andrea Hirata. Ini adalah novel pertama Andrea. Kabarnya, novel ini adalah memoar masa kecilnya dan semua pelakunya adalah nyata.

Laskar Pelangi adalah teman-teman masa kecil Andrea saat bersekolah di sekolah kampung yang miskin di Belitong. Tapi, tidak disebutkan secara eksplisit dalam novel itu oleh Andrea Hirata bahwa itu adalah kisah nyata.

Setelah diangkat ke layar lebar, film yang disutradarai Riri Riza itu berhasil menampilkan setting akhir tahun 1970an.

Pemandangan indah dan menarik membuat film ini tak membosankan ditonton dari awal hingga akhir. Isi cerita cukup mewakili penggambaran tentang semangat mengejar cita-cita.

Film ini sukses mencampur aduk perasaan penonton. Ada bumbu serius, lucu, dan sedih.

Ada satu adegan lucu yakni ketika Ical jatuh cinta kepada A Ling. Cinta monyet itu berawal dari membeli kapur. Berikutnya, Ical rela melakukan apapun agar dapat bertemu kembali dengan A Ling, walau untuk itu dia harus membagikan kapur kepada anak-anak Laskar Pelangi.

Nah, apakah film ini sesuai bayangan Anda ketika membaca novelnya? Temukan jawabannya dengan langsung menontonnya sendiri. Anda tak akan puas jika hanya membaca review film Laskar Pelangi.(ang)

 

Fakta fakta Laskar Pelangi adalah sebagai berikut :

1. Nama panggilan dari Andrea Hirata pada saat kecil adalah "andis" ,"Ikal" adalah nama panggilan andrea di novel

2. Royalti Film Laskar Pelangi yang didapat dari Andrea adalah sekitar Rp 350 juta

3. Andrea hirata dalam suatu kesempatan menyatakan,dirinya bukan sastrawan, benar-benar tidak berpengalaman, tidak berpendidikan sastra, tidak bergaul dengan orang-orang sastra, tidak bercita-cita menjadi sastrawan. Lebih parah lagi, tidak banyak membaca sastra.

4. Film Laskar Pelangi sepanjang 2 jam 5 menit yang memakan ongkos Rp 8 miliar.

5. NAMA Laskar Pelangi adalah sebuah nama pemberian sang guru, Bu Muslimah

6. Sekarang Bu muslimah yang asli mengajar di Sekolah Dasar Negeri 6 Gantong, dan sedang menunggu pensiun.

7. Selama 10 hari pemutaran film itu sudah meraih penjualan 1,1 juta penonton.

8. 3.800 calon pemain dieliminasi menjadi 1.350 anak hingga akhirnya menjadi 12 pemain yang semuanya asli dari belitung, 11 Anak normal dan 1 anak penderita Down syndrome

9. Film Laskar Pelangi dibuat hanya dengan 36 hari Syuting

10. Andrea Ingin setiap 2 Mei Film Laskar Pelangi Diputar secara Gratis, dan dia pernah berkata "Filmnya lebih bagus dari novelnya.."

11. Penulis skenario FILM Laskar pelangi yaitu Salman Aristo juga penulis skenario Film Ayat-Ayat Cinta.

12. RIRI Riza sebelumnya akan menggunakan Yogi Nugraha pemeran kucai untuk dijadikan pemeran mahar, hingga datang Verrys Yamarno yang datang dengan gaya baju Mahar. Jalan sambil cium ketiak, lalu teriak: bau cuka! bau cuka! Lalu dia menyanyi. 

13. Verrys Yamarno. Pemeran Mahar yang jago kesenian ini ingin menjadi ustad. Cita-citanya adalah masuk ke Pondok Pesantren Gontor, Jawa Timur, atau Universitas Al Azhar di Mesir. "Saya ingin membuat orang jahat menjadi baik," ujar Verrys

14. Ferdian,Pemeran Lintang mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia atau Universitas Gadjah Mada

15. Zulpani Fasa, 12 tahun, pemeran Ikal alias Andrea Hirata di masa kecil mempunyai cita-cita Menjadi tentara. Bisa membela negara," katanya.

16. Mahar asli jadi PNS, guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan,diam2 sempat mengantarkan anaknya ikut casting tapi gak lolos. Mira Lesmana nggak tau kalo Mahar ada di antara ortu yg ngantar anaknya ikut casting, baru setelah Mahar pulang ada yg bilang ke Mira.

17. Aslinya Flo ini adek kelas Andrea . yang sekelas itu kakak laki2 Flo (kakaknya jg pindah dr SD PN), tp sang kakak ini tidak diceritakan ama Andrea. Flo ini asli anak pejabat PN yg tidak mau skolah di skolah PN

18. Syahdan salah satu anggota laskar pelangi yang sekarang menjadi konsultan IT adalah yg diam-diam membawa naskah LP ke penerbit tanpa Andrea tau

19. Aman alis Akiong pernah menyebutkan bahwa menurutnya Laskar Pelangi: Chandra Prana, Syahdan Wahyudi, Alpino, Iwan, Ahmad Fajri, Andrea Hirata, dan satu nama perempuan, Hartati. Yang disebut Mahar dan Samson, kata Aman, bisa jadi Ahmad Fajri—sekarang guru di SMA Negeri 2 Tanjung Pandan—dan Alpino. Sedangkan Lintang? "Saya hanya tahu ini. Kalau Lintang, tanya Andis," ujarnya sambil tersenyum.

20. Harun Karena cacat mental sekarang dirumah saja, menemani ibunya. Harun sering datang ke lokasi syuting, lalu dia cerita: "tadi lihat syuting film, ada Andis ". 

21. Sempat syahdan dan Kucai asli ditanya wartawan siapa yg paling pintar dikelas, berdua serempak jawab: ANDIS!( kenapa bukan lintang???tanya kenapa? ) :? ,Bahkan bu Mus ketika ditanya siapa Lintang? dia menjawab "saya tidak ingat,siapa lintang?"(mungkinkah jika Bu mus tidak ingat, anak sejenius lintang? )  

22. Saat di Kick Andi andrea menyebutkan bahwa foto tersebut tidak detail yaitu Syahdan (jongkok, kanan), Sahara (satu2-nya cewek)
pada waktu itu para penonton lgsg histeris, "LINTANG, YG MANA???"
Dan Andrea dgn cool bilang, "Rahasia…" 

23. Riri Reza berhasil menjinakkan "keganjilan" pada beberapa bagian novel Andrea. Mahar yang mengagetkan Bu Mus dengan tiba-tiba menyanyikan Tennessee Waltz karya Anne Murray dan "si jenius" Lintang yang berdebat hebat tentang cincin Newton dalam lomba cerdas cermat "dibumikan" Riri menjadi adegan yang lebih wajar bagi seorang anak. Riri mengganti Tennessee Waltz dengan Bunga Seroja, yang justru memperkental roh Melayu ke dalam film. Dan untuk adegan lomba cerdas cermat itu, secara tak terduga Riri mengubahnya menjadi drama yang menggetarkan

24. Tokoh Pak Mahmud yang ditampilkan oleh Tora Sudiro, menghapus seluruh tato di tangannya dengan "dempul" make-up, sebenarnya di Novel Pak Mahmud adalah tokoh antagonis tapi di Film menjadi tokoh yang membela SD Muhammadiyah saat Cerdas Cermat

25. Buaya dari Film Laskar Pelangi meminjam buaya dari Museum Pemkab Belitung ( dibayar berapa ya buayanya? )

 

Laskar Pelangi Raih 1,3 Juta Penonton

INILAH.COM, Jakarta - Produser Laskar Pelangi Mira Lesmana mengungkapkan, jumlah penonton film karya sutradara Riri Riza ini telah mencapai lebih dari 1,3 juta penonton sejak pemutaran perdana, 25 September.
"Ini masih hasil sementara, jumlahnya akan bertambah karena pemutarannya belum berlangsung di semua daerah di Indonesia. Rencananya total ada 22 kota yang akan memutar Laskar Pelangi," kata Mira Lesmana, di Jakarta, Rabu.
Laskar Pelangi adalah sebuah film berdasarkan novel karya Andrea Hirata. Novel itu menjadi inspirasi banyak orang karena mengisahkan tentang pentingnya pendidikan bagi semua lapisan masyarakat. Novel itu telah terjual hingga jutaan eksemplar.
Mira menambahkan selain melakukan pemutaran film di berbagai daerah di Indonesia , para pemain film ini juga akan berkeliling sejumlah kota untuk menjumpai para pecinta novel dan film Laskar Pelangi.
"Sebenarnya kegiatan roadshow agak terbengkalai kemarin karena bertepatan dengan Lebaran. Tapi, sekarang sedang disusun lagi jadwalnya dan dalam waktu dekat kami akan ke Bangka Belitung dulu," ujar produser film Sherina (2005) itu.
Ia mengatakan, film Laskar Pelangi mendapat sambutan sangat positif dari masyarakat Indonesia, termasuk dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama sejumlah menteri yang turut menyaksikan film ini di Blitzmegaplex Grand Indonesia, pada Rabu malam (8/10).
Selain lantaran kesuksesan novelnya, film ini mendapat perhatian besar dari penonton karena tema yang sangat membumi dan dekat dengan masyarakat, diangkatnya Bangka Belitung sebagai lokasi pembuatan film serta anak-anak Belitung yang menjadi pemerannya.
"Sebuah film itu memang tujuannya untuk menghibur, tapi jangan lupa bahwa film juga merupakan produk budaya sehingga dalam sebuah film juga penting mengangkat nilai-nilai lokal dan isu-isu penting bangsa ini," tutur Mira Lesmana. [*/L1]
WAKO Batam : Dunia Pendidikan memang butuh Perhatian Kita
* Anak Hinterland Cerdas Seperti Lintang, tapi butuh perhatian


MEGA MALL, Batam : Satu lagi sentuhan sinema tanah air mampu mengangkat realitas sosial masyarakat yang jauh dari perkotaan di Indonesia lewat teknologi sinematography layar lebar. Film yang berjudul Laskar Pelangi, membuat seluruh elemen masyarakat Batam sampai pemimpin Batam, Walikota Batam meluapkan rasa terharu dan sekaligus prihatin dengan realitas sosial dalam film laskar Pelangi hasil goresan dari novel Andrea Hirata tersebut.

"…anak yang cerdas dan punya 'akhlakul kharimah' hendaknya menjadi inspirasi bagi semua pelajar di Batam untuk meraih cita-citanya kelak…"

Banyak goresan alamiah yang memunculkan inspirasi dan pesan moral dalam film tersebut dan inilah potret pendidikan Indonesia sebenarnya," kata Dahlan yang menyempatkan diri menonton film yang saat ini digandrungi oleh masyarakat Batam. Wako Batam juga mengajak beberapa wartawan media lokal Batam untuk menonton film tersebut bersama-sama di theater 1 Studio XXI, hari Sabtu (27/9) kemarin.

Walikota Batam beserta Ibu Marianna Ahmad Dahlan, tampak antusias mencermati alur cerita Laskar Pelangi dari awal hingga berakhirnya kisah para pemuda pulau yang sangat terpencil tersebut. Disela-sela nonton bareng Wako Batam bersama wartawan tersebut terdengar tawa renyah serta luapan keprihatinan dari Wako diantara riuh suara para penonton film garapan Riri Reza yang diselingi dengan adegan-adegan lucu nan jenaka tersebut.

Tak jarang, Dahlan, yang selama dipercaya menjadi Walikota Batam telah membuat terobosan-terobosan baru dalam mengoptimalkan proses pendidikan di hinterland tersebut, tampak serius seakan membandingkan kondisi pendidikan di Batam dengan cerita yang divisualisasikan dalam film tersebut. Bahkan, Wako mengaku sangat terharu saat menyaksikan salah satu scene sinema tersebut, saat Muslimah, salah satu guru di SD Muhammadiyah Gantong, hampir saja terpengaruh oleh sikap rekannya Bakri, untuk pindah dan menutup sekolah yang digambarkan sebagai sekolah Islam tertua dan satu-satunya di Kecamatan Gantong, Belitong Timur tersebut.

"Saya benar-benar terharu. Apalagi setelah tahu, komitmen seorang Muslimah, putri salah seorang pendiri sekolah tersebut akhirnya tetap memilih meneruskan perjuangan di sekolah itu, ini luar biasa dan sangat menyentuh dan itulah kekuatan thematic dari film tersebut yang sarat pesan moral kepada kita semua " katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wako juga berpesan agar semua elemen masyarakat yang terlibat langsung maupun tidak langsung dengan proses kependidikanan seperti murid, guru dan orangtua serta para pengusaha untuk bersama-sama mendukung perkembangan pendidikan di Batam ke arah yang lebih baik, khususnya di daerah Hinterland.

Wako menambahkan, meski dengan fasilitas seadanya, para siswa dan guru harus tetap memiliki semangat dan cita-cita yang tinggi dan pada kesempatan yang terencana, pemerintah akan selalu berupaya melakukan perbaikan mutu dan infrastruktur pendidikan di Batam. Termasuklah upaya meningkatkan kesejahteraan para guru.

Ia menyebutkan, salah satu upaya Pemko Batam saat ini dengan membantu kebutuhan dan ketersediaan fasilitas asrama bagi siswa di pulau yang melanjutkan ke jenjang SMA di pulau Buluh dan Belakang Padang serta beasiswa bagi pelajar hinterland tersebut.

Upaya tersebut sudah barang tentu supaya para generasi penerus kita tersebut tidak seperti Lintang," katanya lagi.  Lintang dalam film ini merupakan sosok siswa cerdas tapi kondisi prekonomian keluarganya sangat miskin dan hanya tergantung pada penghasilan ayahnya yang melaut saban hari dengan menggunakan alat tangkap ikan tradisional. Lintang juga harus menempuh perjalanan yang amat jauh untuk mencapai sekolahnya. Bahkan, dirinya selalu dihadang Buaya ditengah-tengah perjalanan.

Seraya mengingat masa kecilnya sewaktu di Batu Besar, Wako mengaku, dirinya sangat tertarik menyaksikan film yang diangkat dari novel laris karya Andrea Hirata tersebut. setelah melahap ketiga karya novelis asli Belitung tersebut yakni Sang Pemimpi, Endensor dan Laskar Pelangi. Menurut Wako, ketiga karya novelis pribumi tersebut merupakan tulisan yang menyentuh dan down to earth. Lintang sebagai anak yang cerdas dan punya akhlakul kharimah hendaknya menjadi inspirasi bagi semua pelajar di Batam untuk meraih cita-citanya masing-masing kelak, tutup Dahlan.

 
Tren Nonton Film Indonesia di Bioskop 
Senin, 13 Oktober 2008 

AAC Pecah Rekor, Laskar Pelangi Siap Menyalip
Tren menonton di bioskop semakin bergairah. Warga ramai-ramai menonton film garapan anak negeri di bioskop. Ayat Ayat Cinta/AAC-pun sampai berhasil pecahkah rekor sebagai film dengan penonton terbanyak. Kini, Laskar Pelangi siap menyalipnya.

Nonton film di bioskop menjadi salah satu alternatif hiburan bagi keluarga. Tak heran, banyak warga metropolis pun rela antre di bioskop. Antusiasme menonton film kian meningkat. Seiring dengan bermunculannya film-film nasional yang apik, berbobot dan menghibur. 

Salah satunya film Ayat-Ayat Cinta (AAC). Film fenomenal yang diangkat novel karya Habiburrahman El Shirazy ini bahkan sampai meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai satu-satunya film yang jumlah penontonnya terbanyak di Indonesia. Film ini membawa pesan-pesan moral yang sekaligus menghibur.

"Sampai saat ini yang paling lama pemutarannya masih film Ayat-Ayat Cinta. Pemutarannya sampai 1,5 bulan. 

Kalau film yang lainnya seperti Cinlok dan Suami Suami Takut Istri hitungannya cuma mingguan," kata Manajer Operasional XXI di Mega Mall Batam Centre, Hafiddin kepada Batam Pos, Sabtu (11/10),  
Setelah booming film AAC, film Laskar Pelangi menjadi magnet warga metropolis. Film yang diangkat dari novel Andrea Hirata ini sudah terlihat sejak Film Laskar Pelangi tayang perdana, pada 25 September lalu.

Penontonnya membludak hingga banyak yang tak kebagian tiket. Cinema XXI pun sampai mengatur lima kali pemutaran dalam sehari di Studio 1 berkapasitas 238 penonton.

Dari beberapa film yang diputar di XXI saat ini, Film Laskar Pelangi yang tidak surut penontonnya. Sampai sekarang penontonnya masih penuh. Terutama saat jam sehabis pulang kerja. "Dilihat dari antusiasme penonton, saya kira Laskar Pelangi bisa mengalahkan Ayat-Ayat Cinta, Tidak hanya di Jakarta di luar Jakarta juga bagus. Bahkan Presiden SBY juga nonton. Di Batam, Pak Wali Kota juga tertarik nonton," kata Hafiddin.

Ria (29), salah satu penonton film Laskar Pelangi mengaku sangat terkesan dengan film tersebut. "Filmnya sangat bagus. Dengan tema pendidikan bisa memberi motivasi, penuh kesederhanaan, tidak mengangkat kemewahan dan sangat menghibur," kata Ria. 

Film ini terasa sangat berbeda dengan film -film sebelumnya, seperti Ada Apa Dengan Cinta yang cenderung cinta-cinta remaja. Lalu berganti booming film horor. Kini film yang sarat dengan pesan moral. Bila Film AAC menjadi tontonan menarik bagi kalangan remaja dan dewasa hingga orang tua. Maka film Laskar Pelangi menarik semua kalangan, mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. 

Seperti keluarga Darwani (38), yang pada Sabtu (11/10) sore kemarin mengajak keluarganya. Dia datang jauh-jauh dari Tiban ke Mega Mall Batam Centre untuk menonton bersama istrinya Ely (37) dananaknya Hani (14) dan Arif (14). "Arif nih yang paling ingin sekali nonton. Teman-temannya banyak yang sudah nonton. filmnya asyik," kata Ely.

Menurut Hafiddin, tidak selamanya film baru banyak penontonnya. Ada juga film tergolong baru tapi jumlah penontonnya sudah menurun padahal belum lama diputar. Salah satunya film Suami-Suami Takut Istri dan Cinlok (Cinta Lokasi). Datang ke Bioskop XXI di Mega Mall Batam Centre, para pecinta film nasional akan disuguhi beberapa film nasional yaitu Doa Doa Yang Mengancam dengan pemerannya Aming, Barbie 3 dan Laskar Pelangi. Sedangkan film luarnya ada One Missed Call, American Gangster, Painted Skin dan Pan's Labirinth. ***

 

 

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
4.

Statemen DPP Papernas Menyikapi Krisis Finansial

Posted by: "Rudi Hartono" arahkiri2009@yahoo.com   arahkiri2009

Sun Oct 26, 2008 11:18 pm (PDT)



Demisionerkan Tim Ekonomi (Neoliberal) Kabinet SBY-JK!

Segera Bentuk Komite Penyelamat Ekonomi Bangsa!

Selamatkan Hajat Hidup Rakyat, Bukannya Monopoli
Finansial Asing!

Krisis yang terjadi saat ini tidak bisa diremehkan. Apalagi dampaknya sudah
semakin terasa oleh rakyat Indonesia. Praktek serakah kapitalis dan spekulasi
liar, yang direstui oleh kebijakan menuhankan pasar (neoliberalisme) di Wall
Street, New York, AS, telah menyebabkan krisis finansial yang mengguncang
ekonomi global serta mempertaruhkan hajat hidup manusia di berbagai penjuru
dunia. Terutama, di negeri-negeri Selatan. Dampaknya kini semakin terasa di
Indonesia, baik dalam bidang riil maupun finansial.



Sejauh ini, Amerika
Serikat dan beberapa negara Eropa Barat telah coba mengatasi imbas krisis
dahsyat ini dengan mengucurkan uang yang berasal dari pajak warganya. Uang
warga negara/rakyat tersebut dikucurkan untuk membayar utang-utang yang
disebabkan oleh spekulasi dan keserakahan para bankir. Penting bagi rakyat
Indonesia untuk mencegah hal serupa (transfer kekayaan dari jutaan rakyat
miskin ke tangan segelintir bankir berpunya) terjadi di Indonesia; dan kalau
pun langkah semacam itu harus ditempuh, maka institusi-insititusi keuangan yang
ditolong negara tersebut, harus diambil-alih ke tangan negara, dan digunakan
sebesar-besarnya untuk menyelamatkan hajat hidup rakyat dan perekonomian
nasional.

Respon pemerintahan Susilo Bambang
Yudhoyono terhadap krisis tidak mencerminkan hal tersebut. Pemerintahan SBY
sebatas mempersiapkan infrastruktur legal-formal, dalam bentuk Perpu JPSK, yang
sekedar bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat, melancarkan aliran
likuiditas, dan mengelola penyaluran bantuan likuiditas bila diperlukan nanti.



Langkah pemerintahan
SBY-JK ini bukan saja sangat tidak memadai, tapi juga berpotensi menjerumuskan
perekonomian bangsa ke dalam arus keserakahan kapitalisme-neoliberal yang
sedang mencari talangan dana dari rakyat, bukan saja di AS, tapi di seluruh
negeri. Kami katakan tidak memadai karena (1) Pemerintahan neoliberal SBY-JK
beserta jajaran kabinetnya tidak mendirikan pertahanan ekonomi nasional terhadap
aksi-aksi spekulasi finansial. Seperti rongrongan yang terjadi atas bursa efek (yang
menurut laporan disebabkan oleh penarikan dana oleh investor asing, terutama
hedge funds AS, yang membutuhkan kas) saat ini, sangat mungkin akan kembali/terus
terjadi. (2) Tidak terdapat upaya untuk menstabilkan perekonomian lewat
kebijakan mata uang terkontrol atau pengenaan pajak atas kegiatan finansial,
yang bisa menjadi pelindung utama dari aksi spekulasi.�Lebih-lebih lagi, (3)
sumber pendanaan diambil dari penerbitan surat utang dalam APBN, dengan
demikian pembayaran utang-utang institusi keuangan yang dibantu BI dibebankan
seluruhnya ke pundak rakyat Indonesia. Yang semakin memprihatinkan adalah, bahwa
langkah ini sebenarnya merupakan pembiayaan atau pengaliran likuiditas untuk
membiayai utang-utang Amerika Serikat. Sementara bila menggunakan dana IMF (pemerintah
telah meminjam standby loan sebesar 5
Milyar USD dari IMF), krisis moneter 19998 telah memberikan pelajarannya.

Krisis ini berawal dari pemiskinan rakyat pekerja di AS, yang dibebani oleh
berbagai macam kredit konsumsi dan kini terbukti tidak mampu melunasinya. Ini
menyebabkan rantai kegagalan pembayaran menjalar ke seluruh dunia, melebihi
batas-batas sektor finansial. Dengan menurunnya pangsa ekspor luar negeri,
ditambah semakin seretnya likuiditas dan aliran kredit, maka bisa dipastikan
bahwa industri dan usaha nasional akan terpukul, dan, selanjutnya menyebabkan
pengangguran dan pemiskinan yang lebih luas. Pada ujungnya, ini pun akan
menciptakan krisis solvabilitas (kemampuan perusahaan membayar kredit) di
Indonesia, dengan kata lain, krisis ekonomi akan lebih mendalam.

Perlu secepatnya tindakan darurat
pencegahan, berupa regulasi finansial untuk mencegah keluarnya likuiditas dan
mempertahankan perekonomian nasional dari terpaan krisis finansial global. Dan
kemudian, untuk mengeluarkan diri dari jeratan krisis finansial global ini, perlu
diambil langkah-langkah penuntasan, yang tujuan fundamentalnya adalah meningkatkan
kapasitas pasar domestik dengan cara peningkatan pembelanjaan sosial
(pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dll)�serta/yang akan mendorong
produktivitas.

Namun, kami amat
sangat ragu, tindakan tersebut akan dijalankan oleh pemerintahan SBY-JK beserta
jajarannya. Sudah cukup empat tahun pemerintahan ini menjalankan kebijakan
neoliberal yang menyengsarakan rakyat, dan membuat nasib bangsa ini semakin
tidak menentu. Karena itu, kami menyerukan pembentukan sebuah Komite Penyelamat Ekonomi Bangsa, yang
terdiri dari ekonom, politikus, dan cendekiaan kritis, yang menggunakan
paradigma non-neoliberal dalam menghadapi krisis sekarang dan sebelumnya. Komite
Penyelamat Ekonomi Bangsa dengan sendirinya mendemisionerkan tim ekonomi
kabinet SBY-JK sekarang (Sri Mulayani, Cs).

DPP PAPERNAS mendesak fraksi-fraksi atau wakil Partai di DPR yang selama ini �bersuara
kritis� terhadap agenda neoliberal (PDIP, PKB, PAN, PBR, dll) untuk membuktikan
keberpihakan mereka terhadap rakyat, dan bukan terhadap korporasi finansial
asing. Tidak sepantasnya wakil rakyat hanya diam atau kebingungan, lantas mengikuti
agenda penyelesaian krisis ala neoliberal yang akan semakin menjerumuskan
bangsa Indonesia.



Wujud konkret tindakan
pencegahan untuk mempertahankan ekonomi nasional, yang akan dijalankan oleh Komite Penyelamat Ekonomi Bangsa
dimaksud adalah:



Dalam hal bantuan likuiditas
maupun rekapitalisasi, pemerintah harus mencari pendanaan di luar dana publik,
seperti, dari aset bank atau pajak terhadap perusahaan-perusahaan yang
terkaya. Lebih dari itu pembukuannya harus dibuka ke publik Indonesia dan
fungsinya harus diarahkan untuk kepentingan perekonomian nasional.Dalam kasus Bank Indover, BI perlu
menyerahkan kontrol kepada pemerintah atau bank BUMN, untuk digunakan bagi
kepentingan ekspor Indonesia dan dengan membuka pembukuannya ke publik.Ratifikasi kontrol mata uang asing.
Pengenaan pajak terhadap transaksi
finansial dan valuta asing, untuk meminimalisir aksi spekulasi. Pembekuan sementara cabang bank
asing, karena dalam krisis mereka dapat berperan sebagai �spons� yang
menyerap likuiditas yang hendak dilarikan ke luar negeri.Pelarangan perdagangan
produk-produk keuangan yang spekulatif (seperti Credit Default Swaps, dsb).
Restrukturisasi perbankan dengan
cara menintervensi atau bahkan menasionalisasi bank-bank yang kesulitan
dana.Menggunakan institusi keuangan
(bank) yang baru dikuasai/dinasionalisasi negara, untuk memberikan kredit
yang bertanggungjawab dan secara umum untuk membantu kehidupan rakyat.Menggunakan BUMN yang di-buyback untuk meringankan biaya
hidup rakyat (misalnya; dalam kasus PT. Bumi Resources, penurunan tarif
listrik, dsb).Tunda pembayaran utang luar negeri
publik untuk selamatkan likuiditas di dalam negeri.



Sementara wujud
kongkret langkah penuntasan, atau langkah banting setir menuju ekonomi
berdikari/mandiri, agar tidak lagi tak berdaya menghadapi krisis ekonomi
seperti ini adalah:

Turunkan harga BBM, baik untuk industri
maupun non industri.Bantuan kredit dan teknologi buat
petaniNaikkan upah, hentikan praktik sistem
kerja outsourcing, dan jamin kebebasan serikat buruh; kebijakan di sektor
perburuhan ini dibarengi dibarengi dengan insentif bagi industri
beroritensi ekspor yang terkena dampak krisis.Akses pendidikan dan kesehatan dipersiapkan
menuju gratis/cuma-cuma bagi setiap warga negara RI.Memperbesar alokasi bantuan kredit
untuk pengusaha kecil-menengahPeningkatan tarif utk melindungi
pasar domestik namun tetap kompetitis secara internasionalRenegosiasi semua kontrak
pertambangan (agar kedudukan hukum aksi nasionalisasi lebih kuat)Picu industrialisasi dengan proyek
pembangunan sosial dan infrastruktur yang dapat menopang industriTerapkan pajak progresif Bangun kerjasama regional dan
selatan utk embuka pasar dan kerjasamaMencabut/revisi UU pro-neolib: UU
BI (kembalikan BI ke kontrol pemerintah), UU Migas, UU PMA, UU TK, dsb.



Demikian pernyataan
ini kami buat sebagai sikap politik PAPERNAS menyikapi krisis finansial global
saat ini.



Cukup sudah jadi
Bangsa Kuli, Bangkit jadi Bangsa Mandiri!



Hapus utang luar
negeri!

Nasionalisasi
Industri Pertambangan!

Bangun Industri
Nasional untuk kesejahteraan Rakyat!



Sabtu,
25 Oktober 2008



Dewan
Pimpinan Pusat

Partai
Persatuan Pembebasan Nasional





AGUS
JABO PRIYONO������������������������������������������������������ HARRIS
BA. SITORUS

Ketua Umum�������������������������������������������������������������������������� Sekretaris
Jenderal



"Tugas Manusia adalah Menjadi Manusia" (Multatuli)
Stand up for Democracy! Website http://www.arahkiri2009.blogspot.com

5.

Statemen PP FNPBI; Batalkan SKB empat menteri

Posted by: "Rudi Hartono" arahkiri2009@yahoo.com   arahkiri2009

Mon Oct 27, 2008 3:14 am (PDT)



Tolak
Pengalihan Beban Krisis Kapitalisme AS kepada Buruh Indonesia!

Batalkan
SKB Empat Menteri!

Naikkan
upah buruh untuk tingkatkan daya beli!

Turunkan
Harga BBM!





Krisis finansial di
Amerika Serikat, yang menyebar ke hampir seluruh dunia, bisa dipastikan sedang
dan akan berdampak terhadap perekonomian Indonesia. Daya beli masyarakat di
berbagai negara, terutama Amerika Serikat, mendadak anjlok ke titik paling
rendah sejak depresi besar tahun 1929-1930-an. Ini berakibat pada industri
Indonesia yang selama ini banyak bergantung pada pasar luar negeri (ekspor)
menghadapi tantangan berat, yaitu; pertama, kehilangan banyak pasar/pembeli
produknya, sehingga berdampak pada, kedua; anjloknya harga komoditi yang
diekspor. Industri dalam negeri pun menjerit, setelah sebelumnya dihantam
kenaikan harga BBM, sulitnya akses dan tingginya bunga kredit, korupsi
penguasa/birokrasi, serta berbagai persoalan lain.



Untuk dapat bertahan
dan tetap hidup, sistem kapitalisme Amerika Serikat (AS) membutuhkan dana yang
sangat besar (lebih dari 1 triliun USD, atau lebih dari sepuluh ribu triliun
rupiah), sebagai akibat spekulasi serakah dalam pelipatgandaan modal. Bagi
kapitalisme AS, solusi untuk mendapatkan dana tersebut adalah dengan
eksploitasi atau penghisapan yang lebih masif terhadap rakyat di negerinya
(antara lain dengan efisiensi alias PHK massal, pemangkasan anggaran sosial,
serta bantuan negara sebesar 700 Milyar USD bagi bank yang bangkrut), dan
terhadap rakyat di negeri-negeri dunia ketiga melalui penarikan cash
dari perbankan, penguasaan dan pengerukan sumber daya alam yang lebih besar
dengan harga semurah-murahnya, serta tekanan upah yang lebih rendah terhadap
tenaga kerja/buruh.



Respon
pemerintahan neoliberal SBY-JK menyetujui atau sejalan dengan kepentingan ekonomi
kapitalisme AS tersebut. Pernyataan presiden SBY bahwa
Indonesia tidak ingin bekerjasama atau mengikuti petunjuk IMF (salah satu instrumen
kapitalisme neoliberal) sepenuhnya bohong dan menyesatkan, karena baru pada
tanggal 13 Oktober 2008 kemarin pemerintah Indonesia bertemu IMF untuk mengantongi
pinjaman (standby loan) senilai lima milyar USD. Wajar, bila sampai hari
ini tidak ada langkah signifikan dari pemerintah untuk mempertahankan ekonomi
nasional dari ulah spekulasi, tidak mencegah aliran dana ke luar negeri, atau
singkatnya; justru mengalirkan likuiditas untuk membayar utang-utang AS.



Lebih jauh, dalam
rangka mengantisipasi dampak terhadap sektor industri, pada tanggal 24 Oktober
2008 pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri (Menteri
Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, dan
Menteri Dalam Negeri) yang intinya merubah mekanisme penetapan upah dari mekanisme
tripartit menjadi bipartit. Dalam posisi yang lemah tanpa kekuatan tawar (bargaining
position) akibat banyaknya pengangguran, buruh Indonesia dipaksa melakukan
negosiasi sendiri atas besaran upah mereka dengan majikan/pengusaha. Dengan
kata lain, menyerahkan penentuan besaran upah kepada MEKANISME PASAR! Hasilnya
sudah bisa ditebak, upah buruh akan semakin ditekan murah lagi, dari keadaan
sekarang di mana lebih dari 80% tenaga kerja menerima upah kurang dari dua juta
rupiah tiap bulan.



KAMI MENUNTUT
PEMBATALAN SKB EMPAT MENTERI, KARENA SAMA DENGAN KEMBALI MEMINDAHKAN BEBAN
KRISIS KE PUNDAK KAUM BURUH YANG SUDAH MENDERITA SELAMA PULUHAN TAHUN DI BAWAH
CENGKRAMAN GANAS KAPITALISME NEOLIBERAL/PASAR BEBAS.



Langkah ini tidak
akan menyelamatkan industri nasional, sebaliknya hanya melanggengkan
ketergantungan dan eksploitasi modal asing (yang layaknya drakula kelaparan,
sedang membutuhkan lebih banyak darah segar untuk dihisap).



KAMI JUGA MENYERUKAN
KEPADA SELURUH KAUM BURUH SERTA RAKYAT INDONESIA UNTUK MENGKONSOLIDASIKAN DIRI,
DAN MENOLAK SETIAP UPAYA MEMINDAHKAN BEBAN KRISIS KE PUNDAK RAKYAT.



Sebagai solusi, langkah
yang harus dilakukan untuk menyelamatkan industri nasional dan buruh (rakyat)
Indonesia adalah:



Turunkan harga BBM, baik untuk
kebutuhan industri maupun untuk kebutuhan konsumsi.Naikkan upah buruh, minimal sebesar
1,2 juta rupiah secara nasional (sesuai hasil survey PP FNPBI), untuk
meningkatkan daya beli pasar di dalam negeri.Pemberian insentif bagi industri
berorientasi ekspor, berupa penghapusan tarif ekspor dan meningkatkan
tarif impor barang konsumsi.Mencegah mengalirkan likuiditas perbankan
ke luar negeri, serta mencegah ulah spekulan dengan menetapkan pajak
terhadap transaksi finansial.Tunda pembayaran atau penghapusan sama
sekali utang luar negeri publik, untuk dialokasikan bagi belanja sosial
(pendidikan, kesehatan, infrastruktur) serta untuk kebutuhan stimulus industrialisasi/peningkatan
tenaga produktif sektor pertanian�yang juga akan mendorong peningkatan
daya beli pasar domestik.



Demikian pernyataan
ini kami buat dengan penuh kesadaran untuk mengantisipai dampak krisis yang akan
diderita oleh kaum buruh dan rakyat Indonesia.



Cukup
sudah jadi bangsa kuli!

Bangkit
jadi bangsa mandiri!



Jakarta,
26 Oktober 2008



Pengurus
Pusat

Front
Nasional Perjuangan Buruh Indonesia

PP-FNPBI





Dominggus
Oktavianus�����������������������������������������������������������
Desi Arisanti

Ketua
Umum����������������������������������������������������������������������������
Pjs. Sekjend



"Tugas Manusia adalah Menjadi Manusia" (Multatuli)
Stand up for Democracy! Website http://www.arahkiri2009.blogspot.com

6.

SANGAT PENTING - MENDESAK UNTUK RUU PORNOGRAFI, AYO BERGERAK

Posted by: "Billy Yoseph Bibianus" billy_classic@yahoo.ie   billy_classic

Mon Oct 27, 2008 4:01 am (PDT)

Rekan-rekan yang baik
kabar yang beredar di kalangan Panitia Kerja RUU Pornografi DPR RI bahwa PEMBAHASAN RUU PORNOGRAFI akan dilakukan secara MARATHON  dalam minggu ini. Walaupun belum pasti, kelihatannya akan dibawa pada rapat paripurna sebelum masa reses DPR tanggal 30 Oktober mendatang. Oleh karena itu, MARI DESAK ANGGOTA DPR untuk membatalkan pengesahan RUU yang PORNO ini dengan mengirimkan SMS secara simultan.

KONSEP MATERI SMS:
KAMI MENGHIMBAU SETIAP ANGGOTA PANJA RUU PORNOGRAFI UNTUK IKUT MENUNJUNG KEWIBAWAAN HUKUM DENGAN TIDAK MENGESAHKAN RUU PRONOGRAFI YANG BERTENTANGAN DENGAN KONSTITUSI, DISKRIMINATIF TERHADAP PEREMPUAN DAN MASIH KONTORVERSIAL DI MASYARAKAT. LANGKAH ANDA SELAKU WAKIL RAKYAT KAMI PANTAU DENGAN SEKSAMA. (Nama Anda dan Organisasi Anda)

SMS dikirim ke:

1. Eva (PDI-P)   : 08123114631
2. Dewi (PDI-P) : 08161835093
3. Agung (PDI-P): 08122651370
4. Badriah (PKB): 0811948812
5. Balkan (Demokrat): 081383891001
6. Yoyoh Yusro (PKS): 081385510222
7. Chairunisa (Golkar): 0811142386
8. Tamburaka (Golkar): 081310108004
9. Zubairi Hasan (PPP): 081319221144

 
 
Seruan Tolak RUU Pornografi yang melanggar HAM dan berbenturan dengan nilai-nilai dasar-dasar negara Pancasila dan UUD'45....
 
Salam,
Billy Joseph Bibianus

Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Search

Find it faster

with Yahoo!

shortcuts.

Y! Groups blog

the best source

for the latest

scoop on Groups.

Best of Y! Groups

Check out the best

of what Yahoo!

Groups has to offer.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
Ahli yang menghantar menggunakan kata-kata kesat dan kasar atau menyerang peribadi ahli yang lain, email mereka tidak akan disiarkan.

Ahli group yang sentiasa menghantar email berkenaan politik sahaja akan disiarkan emailnya tanpa penapisan moderator group.

Email yang disiarkan dipertanggungjawabkan kepada pengirim email tersebut dimana moderator dan group tidak boleh dipertanggungjawabkan.

=============================================
Link List:
�      Lirik Lagu Popular - http://www.lirikpopular.com     
�      Spa Q              - http://spa-q.blogspot.com     
�      Auto Insurance     - http://pdautoinsurance.blogspot.com     

No comments:

Alexa Traffic Rank

Subscribe to dunia-politik

Subscribe to dunia-politik
Powered by groups.yahoo.com